Solo (ANTARA) - Tim sepak bola cerebral palsy (CP) Indonesia berhasil lolos ke babak final setelah mengalahkan Kamboja dengan skor 9-2, pada pertandingan babak semifinal ASEAN Para Games XI 2022 di Stadion Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Rabu.

Sembilan gol Tim Indonesia dicetak oleh Cahyana pada menit 2, 6, 9, 11, dan Yahya Suhendar menit 1, 24, Ahmad Yuliarsa, menit 28 dan 55, sedangkan dua gol Kamboja dicetak oleh Sum Chanrom menit 32 dan S. Heng menit 55.

Tim sepak bola CP Indonesia menghadapi Kamboja banyak menurunkan pemain lapis kedua untuk menghindari adanya cedera pemain. Selain itu, pelatih Sepak Bola CP Indonesia Anshar Ahamd, juga memberikan kesempatan pemain untuk rotasi.

Baca juga: Indonesia cukur Myanmar 5-1 dalam sepak bola CP ASEAN Para Games

Menurut Anshar timnya bermain solid dan terbuka sehingga serangan banyak yang bisa menghasilkan gol untuk timnya. Tim Indonesia melawan Kamboja bermain seperti apa yang diarahkan oleh pelatih lebih sabar dan bermain kompak.

"Anak-anak bermain lugas dan kompak sehingga mereka setiap peluang bisa menghasilkan gol untuk timnya," kata Anshar.

Tim Sepak Bola CP Indonesia di final akan menghadapi Thailand. Thailand juga maju ke babak final setelah pada pertandingan semifinal sebelumnya menyingkirkan Vietnam dengan skor 5-0.

Anshar mengatakan Indonesia untuk menghadapi Thailand tentunya akan menyiapkan strategis khusus untuk menghadang setiap serangan dari lawan. Karena, ada beberapa pemain yang cedera sehingga harus menjaga kebugaran pemain agar perfoma tetap terjaga.

"Kami akan waspadai beberapa pemain Thailand yang menonjol agar tidak leluasa membawa bola dan mendekati gawangnya," kata Anshar.

Ansar mengatakan Indonesia sebagai tuan rumah harus bisa merebut emas pada final melawan Thailand.

"Timnya target harus meraih emas, apalagi sebagai tuan rumah. Anak-anak sudah diminta tetap fokus dan solid baik saat menyerang maupun bertahan," katanya.

Tim Indonesia pada pertandingan putaran pertama berhasil mengalahkan Thailand dengan skor 3-2. Timnya akan menampilkan permainan terbaik untuk memenangkan pertandingan melawan Thailand. ***3***

Baca juga: Sepak Bola CP siap pertahankan emas ASEAN Para Games

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2022