kita sukseskan gerakan 10 juta bendera
Banda Aceh (ANTARA) - Pemerintah Kota Banda Aceh sudah memulai gerakan 10 juta bendera merah putih dari warga penerima bantuan rumah duafa, dilakukan dalam rangka menyemarakkan HUT ke-77 Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2022 mendatang.

"Kita telah memulai gerakan ini dengan penyerahan bendera merah putih secara simbolis untuk warga penerima rumah duafa," kata Pj Wali Kota Banda Aceh Bakri Siddiq dalam keterangannya, di Banda Aceh, Rabu.

Penyerahan bendera tersebut dilakukan di sela-sela penyerahan kunci rumah duafa kepada warga Desa Ceurih Kecamatan Ulee Kareng Kota Banda Aceh, Selasa (2/8). Bendera juga diberikan kepada Keuchik (Kepala Desa) dan Camat setempat.

Bakri Siddiq mengatakan, sesuai instruksi Menteri Dalam Negeri, Pemko Banda Aceh bersama masyarakat kota akan terus melakukan persiapan untuk mengibarkan bendera merah putih di seluruh pelosok kota, jalan-jalan protokol, kantor pemerintah dan swasta hingga rumah-rumah penduduk.

Baca juga: Pemprov Jatim bagikan 77 ribu bendera Merah Putih gratis
Baca juga: Bupati Nduga pastikan Bendera Merah Putih akan hiasi Kenyam

Kegiatan itu, kata dia, untuk menyemarakkan pelaksanaan HUT kemerdekaan RI yang ke-77 dengan menggalang partisipasi dan swadaya masyarakat baik secara pribadi, organisasi maupun kelompok, unsur pemerintahan maupun swasta.

"Kita sukseskan gerakan 10 juta bendera ini, kita siap merah putihkan Kota Banda Aceh," ujarnya.

Bakri menyampaikan, Pemko Banda Aceh melalui Kesbangpol terus melakukan koordinasi dengan semua elemen, baik OPD (organisasi perangkat daerah), ormas dan seluruh masyarakat di ibu kota provinsi Aceh itu.

Kata Bakri Siddiq, kegiatan yang dilaksanakan serentak secara nasional itu merupakan salah satu upaya pemerintah untuk menggugah kembali rasa cinta tanah air.

"Selain itu juga dapat meningkatkan rasa semangat nasionalisme dan momentum mengenang sejarah perjuangan dalam merebut kemerdekaan," katanya.

Baca juga: Pemprov Papua imbau masyarakat mulai naikkan bendera merah putih
Baca juga: Pemkab Buleleng bagikan 1.360 bendera merah putih

Sementara itu, Kepala Kesbangpol Kota Banda Aceh Heru Triwijanarko menambahkan, pihaknya terus melakukan koordinasi dengan seluruh elemen. Selain dengan SKPD, komunikasi juga dilakukan dengan berbagai kalangan termasuk sektor swasta dan ormas-ormas.

Heru menuturkan, seluruh SKPD jajaran Pemko Banda Aceh sudah mulai bergerak. Para camat juga telah melakukan pertemuan membahas kegiatan ini dengan para keuchik agar bendera merah putih berkibar di seluruh penjuru kota.

"Untuk saat ini, SKPD kita sudah mulai semua, camat-camat juga sudah bergerak melakukan koordinasi dengan para keuchik. Kita harap semua berjalan sesuai dengan harapan," demikian Heru Triwijanarko.

Baca juga: Istana kembali gelar kirab bendera pusaka dari Monas pada HUT RI

Pewarta: Rahmat Fajri
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022