Cirebon (ANTARA) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, mengandalkan seluruh puskesmas yang berada di daerah itu untuk mengejar capaian vaksinasi COVID-19 dosis ketiga atau penguat bagi masyarakat umum.

"Kami membuka layanan vaksinasi booster atau penguat di seluruh puskesmas, baik di dalam gedung maupun di luar gedung," kata Sub Koordinator Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon Dendi Hamdi di Cirebon, Rabu.

Baca juga: Kasus meningkat, pegawai di Karawang diminta segera vaksin booster

Dendi mengatakan saat ini vaksinasi penguat di Kabupaten Cirebon tercatat sudah mencapai 684 ribu jiwa atau 38 persen dari target 1,7 juta jiwa.

Untuk mengejar target tersebut, pihaknya terus membuka pelayanan vaksinasi COVID-19 penguat di seluruh puskesmas yang berada di Kabupaten Cirebon, dengan harapan target  itu segera tercapai.

Menururt Dendi, vaksinasi penguat dibutuhkan agar kekebalan kelompok bisa terus terjaga, mengingat sampai saat ini kasus COVID-19 masih muncul.

Baca juga: Masyarakat diminta segera booster kurangi kematian akibat COVID-19

"Pandemi belum berakhir, untuk menjaga kekebalan kelompok maka segera melakukan vaksinasi penguat," tuturnya.

Dendi mengatakan Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon terus mengampanyekan vaksinasi penguat, apalagi saat ini ada yang mensyaratkan vaksinasi dosis penguat, seperti ketika akan menggunakan transportasi umum.

"Kami tentunya terus mengampanyekan vaksinasi booster kepada seluruh lapisan masyarakat," katanya.

Baca juga: Epidemiolog: Perlu upaya khusus tingkatkan capaian vaksinasi penguat

Saat ini, kata Dendi, masyarakat sangat mudah mendapatkan pelayanan vaksinasi, mereka tinggal mendatangi puskesmas terdekat.

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022