Malang (ANTARA) -
Rektor IKIP Budi Utomo Malang Dr Nurcholis Sunuyeko saat memberikan pengarahan di hadapan ratusan mahasiswa baru dalam agenda Sambut Mahasiswa Baru (SAMBA) Episode#1 tahun akademik 2022/2023 di kampus setempat, Kamis (4/8) (ANTARA/Endang Sukarelawati)
Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Budi Utomo Malang memiliki cara tersendiri dalam proses penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2022/2023, yakni dengan tagline Fest: Merdeka dan Heppiee Episode #1 2022.



Rektor IKIP BUdi Utomo Malang Dr Nurcholis Sunuyeko mengatakan tujuan kampus ini mengusung tagline Fest: Merdeka dan Heppiee yang dikemas dalam program sambut mahasiswa baru (SAMBA) adalah bagaimana mahasiswa ini dapat mengenyam pendidikan tinggi dengan senang dan bahagia. 



"Senang dan bahagia ini menjadi mood booster yang dapat meningkatkan daya serap mahasiswa terhadap ilmu dan pengalaman. Jadi harus bahagia. Harus heppiee," kata Nurcholis di sela agenda SAMBA periode pertama di kampus setempat, Kamis.



Di bulan kemerdekaan ini, lanjutnya, juga selaras dengan Merdeka Belajar yang dilakukan IKIP Budi Utomo selama ini. "Kurikulum IKIP Budi Utomo dijamin membahagiakan, fleksibel dan sesuai dengan kebutuhan pasar dan masa depan." ucapnya.



Baca juga: IKIP Budi Utomo Malang siapkan paket khusus bagi camaba keluarga guru



Baca juga: Mahasiswa 43 PT pilih IKIP Budi Utomo Malang dalam Program MBKM



Menurut Nurcholis, merdeka dan heppiee berarti bahwa di bulan kemerdekaan ini, mahasiswa baru IKIP Budi Utomo memupuk spirit kemerdekaan dalam belajar sebagaimana menjadi program penting Kemendikbudristek dan Heppiee yang berarti bahwa proses pendidikan di kampus ini bertumpu pada budaya akademik yang membahagiakan.



Sementara itu Ketua Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) IKIP Budi Utomo Dr Nopem Kusuma Ningtyas mengatakan SAMBA Episode #1 ini diikuti oleh 300 mahasiswa dari tujuh program studi (Prodi) S1, antara lain Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Sejarah dan Sosiologi, dam Pendidikan Matematika.



"Kenapa hanya 300 mahasiswa baru yang dihadirkan, karena untuk memberi kesan khusus kepada mereka. Semakin terkelompok dalam kelompok kecil, akan semakin mudah mengemal satu sama lain. Jadi, masih ada SAMBA eposode berikutnya, karena jumlah mahasiswa baru kampus ini mencapai di atas 1000 mahasiswa," kata Nopem.



Agenda menyambut mahasiswa baru tahun akademik 2022/2023 dikemas dengan melibatkan mahasiswa baru dalam gim-gim yang menyenangkan untuk mengikat rasa persaudaraan. 



SAMBA episode #1 juga dimeriahkan dengan penampilan tari modern, tradisional dan festival kuliner Nusantara.



"Mahasiswa baru terpilih akan mendapatkan doorprize dan beasiswa, bahkan salah satu peserta SAMBA diterima



tanpa biaya sama sekali," kata Nopem.



Baca juga: IKIP Budi Utomo Malang siapkan beasiswa bagi korban bencana di NTT



Baca juga: IKIP Budi Utomo tawarkan subsidi "PPKM" bagi mahasiswa baru



Pewarta: Endang Sukarelawati
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2022