Jakarta (ANTARA) - Sebuah lengan mekanis kecil yang dipasang pada modul laboratorium stasiun luar angkasa China; Wentian, sukses menyelesaikan pengujian di orbit, menurut Badan Antariksa Berawak China (China Manned Space Agency/CMSA).

Dengan dukungan tim darat, lengan mekanis kecil tersebut berhasil menyelesaikan serangkaian pengujian fungsi dan kinerja di orbit. Seluruh indeks menunjukkan kinerja baik, mencapai hasil yang diharapkan, kata CMSA.

Berat dan panjang lengan mekanis kecil itu sekitar setengah dari lengan mekanis besar yang berukuran panjang 10 meter pada modul inti Tianhe.

Tianhe adalah modul stasiun ruang angkasa pertama China yang diluncurkan tahun lalu.

Lengan mekanis tersebut cukup fleksibel dan dapat melakukan operasi dengan presisi yang lebih tinggi.

Para kru pesawat ruang angkasa Shenzhou-14, untuk pertama kalinya, akan dibantu oleh lengan mekanis kecil ini untuk melakukan aktivitas di luar pesawat (extravehicular).

Lengan kecil ini juga dapat dipadukan dengan lengan besarnya untuk membentuk lengan gabungan yang mampu melakukan operasi extravehicular dengan akurasi yang lebih tinggi pada jangkauan yang lebih luas.

China pada 24 Juli meluncurkan modul laboratorium Wentian, yang terdiri dari kabin kerja, kabin airlock, dan kabin sumber daya, demikian Xinhua dikutip Jumat.


Baca juga: Astronaut Shenzhou-14 masuki modul lab Wentian

Baca juga: China luncurkan modul laboratorium pertama dari stasiun luar angkasa

Baca juga: China luncurkan modul laboratorium ruang angkasa Wentian dari Hainan

Penerjemah: Xinhua
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022