Ini akan menjadi kapal pertama yang tidak diblokir di pelabuhan kami sejak 24 Februari, yang akan (mengambil) biji-bijian ekspor Ukraina
Kiev (ANTARA) - Sebuah kapal pengangkut barang curah Turki diperkirakan akan tiba di pelabuhan Laut Hitam Ukraina Chornomorsk pada Jumat dan akan menjadi kapal pertama yang tiba di pelabuhan Ukraina selama invasi Rusia berlangsung.

Hal tersebut dikatakan oleh juru bicara pemerintah regional Odesa.

“Kapal curah Turki Osprey S, yang berbendera Liberia, sedang menuju dari Selat Dardanelles ke pelabuhan Chornomorsk,” kata Juru Bicara Serhiy Bratchuk melalui Telegram pada Rabu malam.

Baca juga: Kapal pertama pengangkut biji-bijian tinggalkan pelabuhan Ukraina

"Ini akan menjadi kapal pertama yang tidak diblokir di pelabuhan kami sejak 24 Februari, yang akan (mengambil) biji-bijian ekspor Ukraina," katanya.

Pada Kamis sore, Osprey S berlabuh di Laut Marmara, sekitar 1 kilometer di lepas pantai Asia Istanbul, bersama dengan kapal-kapal lain yang menunggu untuk menyeberangi Bosphorus ke Laut Hitam, menurut seorang saksi mata Reuters.

Pernyataan itu muncul setelah Turki dan PBB menengahi kesepakatan antara Rusia dan Ukraina yang bertujuan untuk meredakan krisis pangan global.

Sebuah kapal pertama yang membawa gandum Ukraina berlayar dari kota pelabuhan Odesa pada Senin dan tiba di ujung utara Selat Bosphorus sekitar 36 jam kemudian.

Sumber: Reuters

Baca juga: Kapal kargo bahan pangan dari Ukraina berlabuh di Turki untuk inspeksi
Baca juga: Kapal pertama biji-bijian dari Ukraina diperiksa di Istanbul

Penerjemah: Aria Cindyara
Editor: Mulyo Sunyoto
Copyright © ANTARA 2022