Indonesia Makin Cakap Digital 2022 digelar bulan ini di JIS

Indonesia Makin Cakap Digital 2022 digelar bulan ini di JIS

(Dari kanan ke kiri) Direktur PT Edukasi Rekanan Anda (Eureka Edutech) A. C. Mahendra K. Datu dan Project Manager Indonesia Makin Cakap Digital (IMDC) 2022 Elvita Sari saat konferensi pers di Jakarta, Jumat (05/08/2022). (ANTARA/Rizka Khaerunnisa)

Jakarta (ANTARA) - Eureka Edutech bersama Kementerian Kominfo berkolaborasi dengan Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi akan menyelenggarakan acara Indonesia Makin Cakap Digital (IMCD) 2022 pada 27 Agustus mendatang secara langsung di Jakarta International Stadium (JIS) dan secara virtual melalui platform Zoom.

Acara tersebut bertujuan untuk mendorong masyarakat menggunakan internet dan platform digital secara cerdas. Selain itu, kegiatan juga bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif terlebih untuk mengidentifikasi hoaks serta dampak negatif penggunaan internet.

Baca juga: Akademisi bagikan tips belajar agama di era digital cegah radikalisme

Direktur PT Edukasi Rekanan Anda (Eureka Edutech) A. C. Mahendra K. Datu mengatakan pihaknya menargetkan jumlah peserta sebanyak 50.000 hingga 70.000 yang menghadiri acara tersebut, dengan catatan kasus COVID-19 masih terpantau terkendali jelang penyelenggaraan.

Menurut Mahendra, membangun kesadaran masyarakat dalam literasi digital memang membutuhkan proses panjang. Walau begitu, pihaknya berharap acara IMCD yang digelar dalam satu hari setidaknya dapat membuka kesadaran bagi para peserta bahwa literasi digital merupakan sesuatu yang penting untuk dibicarakan.

“Karena acara setengah hari memang tidak seperti sulap yang kita langsung menikmati hasilnya. Tapi hari itu, kami ingin membuka kesadaran bagi yang hadir 50 ribu orang lebih bahwa ini adalah hal yang serius,” katanya dalam konferensi pers di Gramedia Matraman, Jakarta, Jumat.

IMCD diharapkan dapat meningkatkan kecakapan masyarakat dalam bermedia digital serta memanfaatkan platform untuk mengembangkan potensi diri. Hal tersebut sejalan dengan empat pilar literasi digital yang diusung Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) antara lain cakap digital, etika digital, keamanan digital, dan budaya digital.

“Ini bisa dibuat dalam bentuk pesta rakyat, dalam bentuk fun. Setidaknya orang hari itu belajar bahwa ‘Oh, kalau saya memakai internet, saya bisa dagang atau UMKM’, atau ‘Kalau saya memakai fintech atau aplikasi perbankan, saya harus hati-hati karena ada unsur ketidakamanan internet’,” kata Mahendra.

Rangkaian IMCD dapat diikuti oleh masyarakat umum, terutama di wilayah DKI Jakarta, Banten, dan sekitarnya. Masyarakat yang ingin hadir secara virtual kini sudah dapat melakukan pendaftaran melalui info.literasidigital.id atau s.id/regimcdjis. Masyarakat juga bisa melakukan pemesanan tiket melalui Jaklingko yang akan dibuka dalam waktu dekat.

Acara terdiri dari sesi bincang-bincang (talkshow) dalam kemasan santai yang diisi oleh berbagai narasumber kreator konten hingga pemengaruh (influencer), dua di antaranya termasuk Diman Ramadhan Pangestu atau akrab disapa Dims The Meat Guy dan Nadia Aisyah.

Project Manager Indonesia Makin Cakap Digital (IMDC) 2022 Elvita Sari menjelaskan bahwa acara akan dibagi menjadi dua sesi, yaitu sesi dengan tajuk ‘berkreasi positif di era digital’ serta ‘personal branding’.

Tak hanya bincang-bincang, IMDC juga akan dimeriahkan dengan acara hiburan mulai dari penampilan musik termasuk dari Maliq & D'Essentials hingga stand up comedy.

Baca juga: Cakap Digital dan upaya tingkatkan literasi digital

Baca juga: Literasi digital masyarakat masih perlu ditingkatkan

Baca juga: Pentingnya jaga data pribadi agar aman di ruang digitali

Pewarta: Rizka Khaerunnisa
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar