Sleman, Yogyakarta (ANTARA) - Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan memuji pelatih tim nasional U-16 Bima Sakti yang berhasil membawa skuadnya lolos ke semifinal Piala AFF U-16 2022.

"Pemusatan latihan (TC) timnas U-16 ini waktunya pendek tetapi terima kasih kepada 'coach' Bima yang sudah membuat program efektif," kata Iriawan di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Sabtu (6/8) malam.

Timnas U-16 Indonesia sudah disiapkan untuk Piala AFF U-16 2022 sejak Maret. Setelah itu, dilanjutkan ke TC pada April dengan durasi masing-masing sekitar 10 hari setiap bulannya.

Kemudian, TC digelar kembali di Yogyakarta, 11 Juli di mana timnas U-16 benar-benar difokuskan untuk berkompetisi di Piala AFF U-16.

Baca juga: Indonesia bangkit tundukkan Vietnam demi tiket semifinal AFF U-16
Baca juga: Jersey Alfin Lestaluhu jadi motivasi timnas U-16 Indonesia


Menurut Iriawan, selain menangani soal teknis sepak bola, Bima Sakti juga mampu melakukan pendekatan psikologis dengan pemain.

Hal itu yang membuat ikatan kekeluargaan skuad berjuluk "Garuda Asia" itu begitu erat.

"Saya melihat langsung ke ruangan rapat anak-anak. 'Coach' Bima sangat baik dalam melakukan pendekatan nonteknis dan memberikan motivasi. Betul-betul ada pendekatan psikologis antara pelatih dan pemain," tutur Iriawan.

Indonesia menjadi tim pertama yang memastikan diri ke semifinal Piala AFF U-16 2022. Sepanjang fase grup, Indonesia selalu menang dari tiga laga, membuat 13 gol dan hanya kebobolan satu gol.

Pada babak empat besar tersebut, skuad berjuluk "Garuda Asia" akan menghadapi tim juara Grup C di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta mulai pukul 20.00 WIB.

Di Grup C, ada tiga tim yang masih berpeluang ke semifinal yakni Malaysia, Myanmar dan Kamboja.

Baca juga: PSSI berikan bonus Rp100 juta untuk timnas U-16
Baca juga: Pelatih sebut kurang fokus dan wasit penyebab kekalahan Vietnam

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2022