Padang (ANTARA) - Wali Kota Padang Hendri Septa memperkirakan selama pelaksanaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintahan Kota (Apeksi) XV yang digelar di Padang pada 7-10 Agustus 2022 menghasilkan perputaran yang sekitar Rp20 miliar.

"Rakernas Apeksi di Padang dihadiri 94 wali kota dengan jumlah delegasi mencapai 5.000 orang yang memberikan banyak dampak kepada perekonomian," kata Hendri di Padang, Senin pada pembukaan Rakernas Apeksi XV.

Menurut dia, hingga saat ini pemerintah kota Padang telah menggelontorkan dana lebih dari Rp15 miliar untuk pelaksanaan kegiatan bersumber dari APBD kota serta kontribusi swasta.

Hendri menyebutkan untuk belanja transportasi udara saja mencapai Rp7,5 miliar dan transportasi darat mencapai Rp500 juta untuk kebutuhan kendaraan.

Baca juga: Asosiasi Pemerintahan Kota ingin ambil peran dalam pemulihan ekonomi

"Belanja konsumsi Rp500 juta dan sewa hotel selama pelaksanaan kegiatan mencapai Rp2 miliar," katanya.

Kemudian pada pelaksanaan pameran kota seluruh Indonesia di hari pertama perputaran uang telah mencapai Rp400 juta dan transaksi kegiatan Youth Center Rp100 juta.

Ia berharap dengan adanya Apeksi ekonomi yang terpuruk akibat pandemi bisa bangkit kembali.

Sementara pemilik usaha penyewaan mobil di Padang PT Rajawali Mas Travel Agung Pambudi bersyukur atas pelaksanaan Rakernas Apeksi di Padang.

"Semua mobil jalan (disewa), mulai dari untuk kebutuhan wali kota hingga delegasi, bahkan mereka juga minta dicarikan hotel sampai tiket pesawat," ujarnya.

Baca juga: Rakernas Apeksi XV di Padang angkat delapan agenda

Untuk memenuhi kebutuhan kendaraan pihaknya terpaksa mendatangkan mobil dari daerah lain di Sumbar karena dari Padang saja tidak mencukupi.

"Termasuk untuk bus pariwisata juga permintaan dari delegasi cukup banyak," katanya.

Selain itu ia menyampaikan untuk harga sewa kendaraan sedikit mengalami peningkatan karena tingginya permintaan.

Sejalan dengan itu Public Relations Hotel Truntum Padang Indah Midya Putri mengaku hunian hotelnya penuh sejak awal sampai akhir pelaksanaan Rakernas Apeksi.

"Hotel Truntum juga menjadi salah satu pusat kegiatan acara karena memiliki ballroom yang luas," kata dia.
 

Pewarta: Ikhwan Wahyudi
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2022