PBB (ANTARA) - Sebanyak 12 kapal telah diizinkan berangkat dari sejumlah pelabuhan di Ukraina dengan koordinasi Inisiatif Laut Hitam, kata seorang pejabat Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) sekaligus koordinator kesepakatan ekspor biji-bijian, Rabu (10/8).

"Kapal-kapal tersebut berisi lebih dari 370.000 metrik ton biji-bijian dan stok pangan lainnya," kata Koordinator sementara PBB di Pusat Koordinasi Gabungan untuk Inisiatif Laut Hitam, Frederick Kenney, dalam konferensi pers di markas besar PBB di New York melalui tautan video dari Istanbul, Turki.

Kesepakatan ekspor biji-bijian Ukraina dimulai dengan sangat baik, kata Kenney. Dia mengatakan terjadi peningkatan cukup besar dalam jumlah aplikasi untuk transit.

"Kami masih memiliki banyak pekerjaan yang menanti kami, guna memastikan bahwa implementasi inisiatif ini membawa hasil yang nyata untuk mengatasi kerawanan pangan di seluruh dunia dan untuk menstabilkan pasar pangan global," katanya.

Sebelumnya, pada 22 Juli, Rusia dan Ukraina menandatangani kesepakatan dengan Turki dan PBB, yang memungkinkan ekspor pangan dan pupuk dari tiga pelabuhan utama Ukraina di Laut Hitam. 

Pewarta: Xinhua
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2022