Jakarta (ANTARA/JACX) - Sebuah pesan berantai berisi daftar tautan kuota Internet gratis dari berbagai operator seluler tersebar melalui WhatsApp.

Tawaran kuota Internet sebesar 30GB, yang diklaim merupakan hadiah dan akan disalurkan sebagai promosi Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

Sejumlah operator yang dinarasikan memberikan kuota Internet gratis meliputi Telkomsel, XL, Tri, Indosat, AXIS, dan Smartfren.

Namun, benarkah daftar tautan kuota Internet gratis itu merupakan hadiah resmi dari sejumlah operator seluler di Indonesia?
 
Tangkapan layar berisi narasi daftar tautan kuota internet gratis (Kominfo)


Penjelasan:
Melansir Kominfo, daftar tautan kuota internet gratis 30GB dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia adalah hoaks. 

Tidak ditemukan informasi dari media sosial resmi operator seluler, seperti Telkomsel, AXIS, XL, Tri, dan Smartfren terkait program promosi tersebut.

Justru masyarakat perlu waspada terhadap segala bentuk penawaran secara cuma-cuma dengan tautan tertentu. Tautan yang tidak dapat dibuktikan dari sumber resmi penyelenggara berpotensi mencuri data pribadi warganet.

Masyarakat perlu waspada saat sebuah tautan justru meminta pengisian data pribadi, seperti nama lengkap, Nomor Induk Kependudukan, nomor telepon, bahkan nomor rekening bank.

Klaim: Tautan kuota Internet gratis untuk memperingati HUT RI
Rating: Hoaks

Baca juga: Aplikasi dan situs yang bisa diakses kuota internet gratis pemerintah

Baca juga: Kemendikbud pastikan terus perbarui aplikasi belajar

Baca juga: Siswa dan Guru Pangkep nikmati subsidi kuota gratis

Pewarta: Tim JACX
Editor: Imam Santoso
Copyright © ANTARA 2022