Jakarta (ANTARA) - Ketua DPR RI Puan Maharani mengajak seluruh masyarakat ikut terlibat dalam pembangunan bangsa dengan membangun kekuatan nasional melalui semangat gotong royong untuk terus memajukan bangsa Indonesia.

“Sangat penting bagi kita semua, seluruh pemangku kepentingan, dan seluruh anak bangsa untuk membangun kekuatan nasional yang dimulai dari kesadaran, kemauan, dan komitmen untuk ikut ambil bagian dalam kerja bersama, gotong royong, dan memajukan Indonesia di segala bidang,” kata Puan dalam keterangannya di Jakarta, Rabu.

Dia menjelaskan kebersamaan tersebut bersumber dari cinta Tanah Air dan cinta Bangsa Indonesia sebagai bangsa yang berlandaskan Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika.

Baca juga: Puan: DPR komitmen sukseskan presidensi Indonesia di G20

Puan mengatakan Peringatan Hari Kemerdekaan RI merupakan momen sakral agar masyarakat dapat merasakan hasil perjuangan para pahlawan. Hal itu, menurut dia, agar tumbuh jiwa nasionalisme dan semangat membangun negara tercinta ini secara bersama-sama.

“Peringatan Hari Kemerdekaan RI, selain untuk menghormati jasa para pahlawan yang telah mengorbankan jiwa dan raga agar kita merdeka dan bebas dari belenggu penjajahan, juga menjadi momentum merefleksikan kembali perjalanan panjang bangsa Indonesia,” ujarnya.

Menurut dia, pasang surut gelombang pembangunan, disertai dengan gelombang globalisasi, dan kemajuan teknologi telah menggerakkan berbagai reformasi dan transformasi di Indonesia.

Baca juga: Puan: DPR RI lakukan langkah nyata dukung pembangunan berkelanjutan

Puan menilai tugas membangun bangsa dan negara Indonesia ke depan menghadapi tantangan dan kendala yang tidak ringan.

“Indonesia masih menghadapi ketidakpastian situasi pandemi COVID-19, konflik geopolitik, pemulihan ekonomi global di tengah kerentanan pangan, energi, pengangguran, kebijakan moneter global, dan sebagainya,” katanya.

Dia mengatakan di tengah tuntutan era globalisasi, bangsa Indonesia semakin dituntut memiliki kemampuan dan kekuatan di bidang politik, ekonomi, sosial, dan budaya.

Menurut dia, masyarakat Indonesia mempunyai kewajiban moral dalam mewujudkan Indonesia yang berdaulat, berdikari, dan berkepribadian berlandaskan Pancasila.

Baca juga: Puan: Fungsi pengawasan DPR untuk majukan kesejahteraan rakyat

“Banyak cara bagi anak bangsa berpartisipasi membangun kekuatan nasional. Hal itu dapat dilakukan melalui peran dan porsi masing-masing setiap warga negara,” ujarnya.

Puan menilai semua bentuk partisipasi dalam menyusun dan membangun Indonesia akan memberikan energi yang positif apabila ditujukan untuk memajukan Indonesia.

Karena itu, menurut dia, arah dari kerja bersama itu akan memberikan energi yang positif dalam produktivitas memajukan Indonesia dan memperkuat kebersamaan rakyat.

Puan mengatakan semangat untuk merdeka yang digelorakan 77 tahun lalu adalah semangat untuk dapat menyusun nasib Tanah Air oleh Bangsa Indonesia sendiri sehingga dapat mewujudkan kehidupan negara Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2022