Tahun ini digelar untuk memberi hiburan masyarakat
Temanggung (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, Kamis menggelar Parade Seni Merdeka untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Temanggung Saltiyono Atmaji di Temanggung mengatakan kegiatan ini diikuti 20 kelompok kesenian dari masing-masing kecamatan yang ada di Kabupaten Temanggung.

Saltiyono menyampaikan selain untuk memeriahkan HUT ke-77 Kemerdekaan RI, gelar Parade Seni Merdeka ini juga untuk memberikan hiburan kepada masyarakat.

"Kegiatan ini sudah dua tahun ditiadakan, karena pandemi COVID-19 dan tahun ini digelar untuk memberi hiburan masyarakat," katanya.

Baca juga: Pertunjukan seni sambut perayaan HUT RI di Istana Merdeka

Baca juga: Ketika warga Samin Kudus ramaikan perayaan HUT RI


Kelompok seni tersebut memulai kirab dari kawasan Kowangan hingga panggung kehormatan di sebelah timur Alun-Alun Temanggung. Di depan panggung kehormatan tersebut masing-masing kelompok seni diberi waktu untuk mementaskan keseniannya.

Selain menampilkan 20 kesenian dari masing-masing kecamatan di Kabupaten Temanggung, juga didatangkan kelompok kesenian reog dari Ponorogo dan penampilan kesenian kuda lumping Satrio Bhumi Phala Temanggung.

"Total seniman baik penari maupun pengrawit yang terlibat dalam parade ini sekitar 1.150 orang termasuk seniman reog," katanya.

Kirab kelompok kesenian ini mendapat sambutan dari masyarakat, ribuan orang memadati pinggir jalan yang dilalui kirab kesenian.

Saltiyono menyampaikan setelah Parade Seni Merdeka selesai digelar, dilanjutkan pada 19-21 Agustus 2021 Festival Wiwit Panen Tembakau dan Kopi dengan kegiatan pentas seni di Alun-Alun Temanggung.

Ia menyebutkan pada kegiatan ini juga dipentaskan kesenian dari Kabupaten Purworejo, dolalak dan juga pentas kesenian ketoprak kolaborasi pada 20 Agustus 2022 malam. 


Baca juga: Sejumlah permainan rakyat meriahkan HUT RI di Pulau Perbatasan

Baca juga: Permainan rakyat di Kampung Wisata-Caping ikut meriahkan HUT RI

 

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2022