Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Persatuan Insinyur Indonesia (PII) Danis Hidayat Sumadilaga mengenang sosok Wakil Menteri Pekerjaan Umum (Wamen PU) periode 2010-2014 Almarhum Hermanto Dardak sebagai sosok yang baik.

"Beliau selalu ikut serta dan aktif dalam PII sesuai dengan tugas-tugasnya. Intinya saya sangat kehilangan beliau. Almarhum merupakan orang yang baik," ujar Danis saat dihubungi di Jakarta, Sabtu.

Ketua Umum PII itu juga mengatakan, Almarhum Hermanto Dardak merupakan Ketua Umum PII periode 2015 sampai dengan 2018. Almarhum juga merupakan dewan pengarah di PII, kecintaan dan dedikasi beliau kepada organisasi sangat luar biasa.

"Kita sangat berduka dan kehilangan atas wafatnya bapak Hermanto Dardak," katanya.

Danis juga menyampaikan bahwa saat ini jenazah Almarhum dalam perjalanan dari Pekalongan menuju rumah duka di Jakarta Timur.

Almarhum Hermanto Dardak rencananya akan disemayamkan di rumah duka di Jl. Swakarsa V No. 28, Komp. Bina Marga II, Jakarta Timur.

Sebelumnya, Wakil Menteri Pekerjaan Umum periode 2010-2014 Hermanto Dardak meninggal dunia akibat kecelakaan di ruas tol Pemalang-Batang KM 341+400 arah Jakarta pada Sabtu (20/8).​​​​​

Almarhum juga pernah menjabat sebagai Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PU. Pada tahun 2014, ia menjadi orang Indonesia pertama yang memperoleh penghargaan paling bergengsi dunia di bidang pembangunan jalan (Road Sector), yaitu International Road Federation (IRF) Professional of the Year.

Penghargaan tersebut telah menganugerahi figur terkemuka, profesional di sektor swasta dan pendidikan yang memiliki track record yang luar biasa berdasarkan kepemimpinan dan komitmen untuk industri transportasi jalan.

Selama bertahun-tahun, penghargaan tersebut telah mengakui beberapa pemimpin di bidang transportasi yang paling berpengaruh di dunia untuk apa yang telah dilakukan di bidang advokasi, kebijakan, penelitian dan program pendidikan untuk mendukung jaringan jalan yang lebih baik, lebih aman dan lebih berkelanjutan secara global.

Posisi terakhir yang diemban oleh Almarhum Hermanto Dardak adalah Ketua Tim Pengarah Satuan Tugas Pembangunan Infrastruktur Ibu Kota Negara (IKN) yang dibentuk oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Baca juga: Ayah Wakil Gubernur Jawa Timur meninggal akibat kecelakaan

Baca juga: Kementerian PUPR berduka atas wafatnya Hermanto Dardak

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2022