Di Kabupaten Anambas dan Kabupaten Lingga sampai sekarang nihil kasus aktif COVID-19
Tanjungpinang (ANTARA) - Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Provinsi Kepulauan Riau mencatat kasus aktif COVID-19 di wilayah itu bertambah 14 orang sehingga menjadi 123 orang.

Kepala Dinas Kesehatan Kepri Muhamad Bisri di Tanjungpinang, Minggu, mengatakan penambahan kasus aktif COVID-19 di wilayah itu terjadi di Tanjungpinang delapan orang, sedangkan Kota Batam lima orang dan Kabupaten Karimun satu orang.

Sementara kasus aktif di Kepri tersebar di lima kabupaten dan kota yakni Batam 42 orang, Tanjungpinang 60 orang, Karimun empat orang, Kabupaten Bintan15 orang dan Kabupaten Natuna dua orang.

Baca juga: Satgas: Tanjungpinang tertinggi lagi kasus aktifCOVID-19 di Kepri

Dua orang warga Natuna tertular COVID-19 sejak pekan lalu. Tidak ada penambahan kasus baru di Natuna.

"Di Kabupaten Anambas dan Kabupaten Lingga sampai sekarang nihil kasus aktif COVID-19 ," kata Bisri.

Ia mengemukakan bahwa penambahan jumlah kasus aktif COVID-19 di Kepri setiap hari perlu diwaspadai. Jumlah pasien COVID-19 potensial bertambah banyak bila warga tidak disiplin menerapkan protokol kesehatan.

"Masih banyak ditemukan warga yang tidak menggunakan masker saat berinteraksi maupun saat berada di tempat keramaian. Ini salah satu penyebab kasus aktif COVID-19 selalu bertambah," ujarnya.

Baca juga: Dinkes Kepri: Capaian vaksinasi dosis empat nakes sudah 50 persen

Bisri juga mengajak masyarakat untuk mendukung program vaksinasi COVID-19 yang dilaksanakan secara nasional. Program yang dilaksanakan pemerintah itu semata-mata melindungi masyarakat dari serangan COVID-19.

"Vaksin itu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh orang sehingga tidak bergejala atau hanya bergejala ringan bila tertular virus itu," ucapnya.

Berdasarkan data Satgas Penanganan COVID-19, capaian vaksinasi COVID-19 dosis pertama sebanyak 1.778.110 orang atau 98,64 persen, dosis kedua 1.536.016 orang atau 85,21 persen, dosis ketiga 704.878 orang atau 51,32 persen, dan vaksinasi booster kedua untuk tenaga kesehatan sebanyak 4.684 orang atau 33,17 persen.

Baca juga: Satgas: 27 warga Kepri sembuh dari COVID-19

Pewarta: Nikolas Panama
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022