Diduga terbakarnya ruang arsip di Gedung DPRD Jabar tersebut diakibatkan oleh arus pendek listrik
Bandung (ANTARA) -
Sekretaris Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Barat Ida Wahida Hidayati  mengatakan kebakaran Ruang Arsip di Lantai 3 Gedung DPRD Jabar di Jalan Diponegoro Kota Bandung, diduga akibat korsleting atau hubungan pendek arus listrik.
 
"Diduga terbakarnya ruang arsip di Gedung DPRD Jabar tersebut diakibatkan oleh arus pendek listrik," kata Sekretaris DPRD Provinsi Jawa Barat Ida Wahida Hidayati, di Kota Bandung, Minggu.
 
Ida Wahida Hidayati mengungkapkan, berdasarkan laporan yang diterima oleh pihaknya insiden terbakarnya Ruangan Arsip di Lantai 3 Gedung DPRD Jawa Barat. terjadi pada Minggu pagi sekitar pukul 08.05 WIB.
 
"Menurut laporan, kebakaran diketahui oleh petugas sekuriti saat berkeliling melihat asap, dan mereka berinisiatif memadamkan kebakaran tersebut agar tidak membesar," kata Ida.

Baca juga: Dinas Penanggulangan Bencana Bandung pastikan api di DPRD Jabar padam
 
Ia menambahkan karena insiden tersebut terjadi di ruangan arsip yang didominasi oleh berkas berupa kertas dan dus atau boks mengakibatkan api mudah membesar.
 
Terkait adanya informasi mengenai korban dalam kejadian tersebut, Ida menyatakan bahwa terdapat empat korban yang semuanya berasal dari tim pengamanan.

Baca juga: Pimpinan DPRD Jabar: Amankan arsip-dokumen yang tidak terbakar
 
Keempat petugas pengamanan tersebut mengalami kesulitan pernafasan saat hendak memadamkan kobaran api.
 
"Saya juga mengapresiasi kepada sekuriti yang sudah melakukan langkah-langkah awal dalam memadamkan api. Tetapi karena mereka tidak menggunakan masker, mereka mengalami sesak nafas dan satu orang sempat dilarikan ke rumah sakit tetapi sudah pulang," kata dia.

Baca juga: Ruang arsip gedung DPRD Jawa Barat kebakaran
 
 
 
 

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022