Jakarta (ANTARA) - Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum (Dirjen AHU) Kemenkumham Cahyo Rahadian Muzhar mengapresiasi Asosiasi Kurator dan Pengurus Indonesia (AKPI) atas kontribusi dalam penguatan dan penyempurnaan rezim hukum kepailitan di Indonesia.

"Kami mengapresiasi apa yang sudah dilakukan dan kerja sama antara Kemenkumham dengan AKPI yang selama ini berpartisipasi aktif dalam rangka memberikan kontribusi, khususnya dalam penguatan dan penyempurnaan rezim hukum kepailitan di Indonesia," kata Cahyo dalam pidato sambutannya dalam Rapat Anggota Tahunan (RAT) AKPI Tahun 2022 di Hotel The Ritz-Carlton, Jakarta, Senin.

Ia menyebut AKPI telah menjalin hubungan kerja sama dengan Kemenkumham secara profesional. Khususnya, terkait dengan proses rekrutmen calon kurator dan pengurus yang berlanjut hingga saat ini di mana AKPI menjadi anggota dari Komite Bersama.

Baca juga: Kemenkumham akan luncurkan aplikasi AHU Kurator dan Pengurus

"Kedudukan ini tentunya memberikan kewenangan sekaligus tanggung jawab yang besar bagi AKPI selaku organisasi profesi dalam melakukan rekrutmen dan pembinaan kurator dan pengurus," ujarnya.

Ia menyebut pihaknya menjalin komunikasi yang baik dengan AKPI guna menyampaikan apabila ada masukan atau komplain terhadap kurator atau pengurus AKPI.

Cahyo menilai sebagai organisasi profesi kurator dan pengurus pertama di Indonesia yang didirikan pada 1998, AKPI menjalankan asas profesionalisme yang baik.

Baca juga: Kemenkumham: Kehilangan kewarganegaraan harus ada permohonan
Baca juga: Kemenkum HAM tekankan pentingnya profesionalisme notaris


"Tidak peduli apakah itu pengurus atau kurator anggota AKPI, tapi kalau memang ada pelanggaran langsung dilakukan tindakan, jadi kami apresiasi," ucapnya.

Ia berharap pemilihan pemimpin baru AKPI periode 2022-2025 dalam Rapat Anggota Tahunan (RAT) AKPI Tahun 2022  mampu menghasilkan pemimpin yang berintegritas, mengayomi, menjaga soliditas AKPI, memiliki visi demi kemajuan rezim hukum kepailitan, dan pertumbuhan ekonomi nasional.

Rapat Anggota Tahunan AKPI 2022 dengan Tema "Soliditas dan Profesionalisme Kurator dan Pengurus AKPI dalam Mempercepat Pemulihan Perekonomian Indonesia" itu digelar dengan agenda Laporan Pertanggungjawaban Pengurus AKPI Tahun Buku 2021-2022, Laporan Keuangan Asosiasi Tahun Buku 2021-2022, Laporan Dewan Kehormatan Profesi AKPI, dan Pemilihan Ketua Umum dan Dewan Kehormatan Profesi AKPI.

Pewarta: Melalusa Susthira Khalida
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2022