Jakarta (ANTARA) - Tim sepeda balap diaspora Indonesia di Jerman bernama Adler Nusantara turut menyemarakkan Hamburg Cyclassics yang diselenggarakan pada Minggu (21/8) untuk memperingati 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Jerman.

Hamburg Cyclassics yang juga dikenal sebagai BEMER Cyclassics adalah lomba bersepeda profesional dan amatir yang diselenggarakan setiap tahun selama satu hari di kota Hamburg dan sekitarnya, menurut keterangan KBRI Berlin yang diterima di Jakarta, Selasa.

Tim Adler Nusantara beranggotakan 12 orang yang berasal dari perwakilan RI serta pelajar dan diaspora Indonesia di Jerman dan sekitarnya.

Untuk mengikuti lomba sepeda Hamburg Cyclassics, para anggota tim Adler Nusantara berlatih secara rutin di wilayah tempat tinggal masing-masing sebelum perlombaan dimulai.

Lomba sepeda itu juga menjadi ajang silaturahmi dengan sesama diaspora Indonesia dan bagi para penggemar olahraga sepeda.

Peserta tercepat dari tim Adler Nusantara kali ini adalah Edy Kusdiyanto yang berhasil mencapai garis akhir dalam urutan ke-650 dari 3.340 peserta.

Ia berhasil menempuh jarak 60 km dalam waktu 1 jam 36 menit, dengan kecepatan rata-rata 36,07 km/jam.

Edy hanya terpaut 19 menit dari pemenang pertama untuk kategori 60 km, Stefan Brechler dari Jerman, yang menyelesaikan balapan dalam waktu 1 jam 17 menit.

Sementara itu, staf KBRI Berlin lainnya mencatat kecepatan rata-rata 30 km/jam.

Kegiatan balap sepeda pada 2022 ini adalah penyelenggaraan Hamburg Cyclassics yang ke-25. Bagian penting dari Hamburg Cyclassics adalah perlombaan yang dikenal dengan istilah “Jedermannrennen” ("Everyone’s Race").

Jumlah peserta pada tahun ini dibatasi sebanyak 15.000 orang dan tiket partisipasi harus dipesan beberapa bulan sebelumnya.

Mayoritas peserta berasal dari Jerman maupun Eropa Barat.

Oleh karena itu, tim Adler Nusantara merupakan satu-satunya kelompok pesepeda dari Asia Tenggara, dan turut merepresentasikan dunia bersepeda yang semakin berkembang di Indonesia, kata KBRI Berlin.

Baca juga: Dubes RI ajak ratusan agen perjalanan Jerman promosikan Bali
Baca juga: KBRI Berlin gagas pelatihan penyelia halal bagi diaspora Indonesia

Pewarta: Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Anton Santoso
Copyright © ANTARA 2022