Jakarta (ANTARA) - Kerajinan cetak lilin atau dalam bahasa Indonesia dikenal sebagai "batik" merupakan warisan budaya takbenda lokal di Provinsi Guizhou, China barat daya.
   Zhang Juanjuan, seorang gadis asal etnis Miao, memutuskan kembali ke kampung halamannya untuk mengambil alih bisnis orang tuanya terkait pembuatan produk kerajinan cetak lilin setelah lulus. (Xinhua/Yang Wenbin)

 
Dia mendaftarkan bengkel kerja kerajinan cetak lilin milik orang tuanya sebagai perusahaan seni, dan mendirikan studio kerajinan cetak lilin swakriya di Anshun, Guizhou.Zhang Juanjuan (kanan) berbincang dengan sang ibunda mengenai teknik membuat lukisan cetak lilin di sebuah studio di Anshun, Provinsi Guizhou, China barat daya, pada 18 Agustus 2022.
 
Zhang Juanjuan membuat lukisan cetak lilin di sebuah studio di Anshun, Provinsi Guizhou, China barat daya, pada 18 Agustus 2022. (Xinhua/Yang Wenbin)   
 

Untuk mengembangkan usahanya, Zhang Juanjuan dan rekan-rekannya merancang produk kerajinan cetak lilin yang praktis, ramah lingkungan, dan modis. Sementara itu, dia telah mengajarkan keterampilan membatik kepada penduduk desa lainnya, membantu mereka mendongkrak pendapatan melalui produk-produk kerajinan cetak lilin.​​​​​​​
 
  Zhang Juanjuan mengajari adik perempuannya membuat lukisan kerajinan cetak lilin di sebuah studio swakriya (DIY) di Anshun, Provinsi Guizhou, China barat daya, pada 18 Agustus 2022. (Xinhua/Yang Wenbin)



Untuk mengembangkan usahanya, Zhang Juanjuan dan rekan-rekannya merancang produk kerajinan cetak lilin yang praktis, ramah lingkungan, dan modis. Sementara itu, dia telah mengajarkan keterampilan membatik kepada penduduk desa lainnya, membantu mereka mendongkrak pendapatan melalui produk-produk kerajinan cetak lilin.

Dia berharap kerajinan cetak lilin etnis Miao ini dapat dikenal oleh lebih banyak orang melalui internet dan diwarisi oleh lebih banyak generasi muda.
 
Zhang Juanjuan membuat lukisan kerajinan cetak lilin di sebuah studio swakriya (DIY) di Anshun, Provinsi Guizhou, China barat daya, pada 18 Agustus 2022. (Xinhua/Yang Wenbin)
 
Zhang Juanjuan membuat lukisan kerajinan cetak lilin di sebuah studio swakriya (DIY) di Anshun, Provinsi Guizhou, China barat daya, pada 18 Agustus 2022. (Xinhua/Yang Wenbin






Baca juga: Kerajinan perak dan batik dipamerkan di Shanghai Tower

Baca juga: Banyak masyarakat belum bisa bedakan jenis batik

Baca juga: Produk unggulan Indonesia laris manis di "Caexpo"

Penerjemah: Xinhua
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022