Untuk mendapatkan akuntabilitas yang baik, saya pikir kita musti dekat dengan BPKP. Bahkan kita berterimakasih atas asesmen terhadap beberapa pekerjaan
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bersama Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) di Jakarta pada Rabu, melakukan penandatanganan nota kesepahaman tentang kerja sama penguatan akuntabilitas keuangan dan pembangunan di lingkungan Kemenhub.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyampaikan pentingnya peran BPKP dalam memberikan pendampingan serta pengawasan bagi Kemenhub atas beberapa kegiatan dan proyek infrastruktur transportasi.

"Untuk mendapatkan akuntabilitas yang baik, saya pikir kita musti dekat dengan BPKP. Bahkan kita berterimakasih atas asesmen terhadap beberapa pekerjaan," kata Menhub saat memberikan sambutan dalam kegiatan tersebut.

Menhub juga berharap bahwa ke depan, BPKP turut serta memberikan pertimbangan dan saran atas sejumlah proyek yang tengah dikerjakan oleh Kemenhub.

Salah satu tujuan pendampingan oleh BPKP adalah untuk memaksimalkan potensi Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) di sektor transportasi. Sinergi dengan BPKP ini dilakukan untuk meningkatkan penyelenggaraan pengawasan fungsional di bidang transportasi sesuai dengan misi Kementerian Perhubungan.

Pada kesempatan yang sama, Kepala BPKP Muhammad Yusuf Ateh mengatakan bahwa pihaknya siap mengawal Kemenhub dalam mengerjakan program-program prioritas agar dapat berjalan dengan secara efektif, efisien, dan akuntabel.

"Kami semua tentu saja siap mengawal upaya intensifikasi pendanaan kreatif non APBN dan penentuan skala prioritas pembangunan infrastruktur transportasi nasional," kata Muhammad Yusuf Ateh.

Yusuf Ateh menyampaikan apresiasi kepada Kemenhub yang melibatkan BPKP dalam misi pembangunan konektivitas antar wilayah di Indonesia agar dapat terus berjalan di tengah keterbatasan fiskal dan keuangan negara.

Ia berharap koordinasi dengan BPKP dapat berdampak positif sehingga tata kelola laporan akuntabilitas dan kinerja Kemenhub dapat dipertanggungjawabkan.

"Selain masalah teknis, kami turut mendorong pengembangan dan peningkatan kapasitas SDM Kemenhub melalui berbagai pembinaan untuk meningkatkan kapabilitas," ujarnya.

Baca juga: Empat belas pelabuhan tandatangani pakta integritas SSM Pengangkut
Baca juga: Kemenhub beri penghargaan pada pihak yang dukung kinerja Tol Laut
Baca juga: Kemenhub optimalkan fungsi jembatan timbang

Pewarta: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2022