Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Persaudaraan Isteri Anggota (PIA) DPR RI Tri Hatmanti Utut Adianto mengajak masyarakat meningkatkan kepedulian terhadap sesama.

Menurut dia, PIA DPR RI menggelar aksi donor darah sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama karena saat ini tidak sedikit orang yang membutuhkan darah.

"Ketersediaan stok darah di Palang Merah Indonesia (PMI) sangat terbatas. Karena itu, dalam acara donor darah ini, PIA DPR RI bekerja sama dengan PMI Pusat," kata Tri Harmanti dalam keterangannya di Jakarta, Rabu

Hal itu dikatakannya dalam kegiatan sosial donor darah di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu. Kegiatan tersebut dalam rangka rangkaian Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-77 RI dan HUT DPR RI pada tanggal 29 Agustus.

Baca juga: Puan apresiasi PIA DPR gelar baksos bentuk gotong royong

Dia mengatakan kegiatan donor darah digelar PIA DPR sebagai bagian dari rangkaian agenda PIA DPR RI pada bulan Agustus 2022. Setelah Peringatan HUT RI dengan tabur bunga dan ziarah ke TMP Kalibata Jakarta.

"Saat ini, kegiatan donor darah dalam rangka memperingati HUT Ke-77 DPR RI yang jatuh pada tanggal 29 Agustus 2022," ujarnya.

Ketua Panitia Donor Darah PIA DPR RI Ayu Marwan Cik Asan mengatakan donor darah bertujuan untuk membantu sesama dan bermanfaat untuk pendonor sendiri.

Baca juga: Puan apresiasi PIA DPR tebar kebaikan terhadap sesama

Menurut dia, dengan donor darah secara rutin dapat merangsang pembentukan sel darah merah yang baru sehingga membuat tubuh lebih sehat.

Anggota PIA DPR RI Himmatul Aliyah Ahmad Muzani mengatakan kegiatan tersebut merupakan bentuk nyata para istri anggota DPR RI, karyawan, dan seluruh staf yang bekerja di gedung DPR RI dalam meningkatkan kepedulian sosial dalam membantu orang lain di bidang sosial.

"Diharapkan kegiatan sosial donor darah yang diselenggarakan ini dapat menjadi wadah untuk meningkatkan rasa kepedulian sosial terhadap orang lain yang membutuhkan," ujarnya.

Baca juga: PIA DPR sebut pandemi tidak halangi sikap berbagi

Anggota PIA DPR RI Nurul Anastasia Andre Rosiade menjelaskan kegiatan donor darah sangat berguna untuk kesehatan dan memberikan dampak positif bagi tubuh.

Selain itu, menurut dia, donor darah merupakan kegiatan sosial yang sangat mulia karena dari mendonorkan darah, maka masyarakat bisa membantu banyak orang dan dapat menyelamatkan nyawa orang lain.

"Jadi dengan mendonorkan darah, kita sudah membuat banyak harapan untuk orang lain. Karena itu, sedikit darah yang bisa kita sumbangkan akan memberikan harapan besar dan membantu banyak orang yang membutuhkan," ujarnya.

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2022