Kuala Lumpur (ANTARA) - Resepsi diplomatik Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Kuala Lumpur pada Selasa (23/8) sore berlangsung meriah dengan menampilkan berbagai tarian tradisional asli Indonesia dan dihadiri 500 undangan dari berbagai kalangan di Malaysia.

Dalam keterangan tertulis yang diterima di Kuala Lumpur, Rabu, menyebutkan kegiatan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia yang mengambil tempat di Hotel Shangri-La Kuala Lumpur tersebut menampilkan promosi seni dan budaya melalui pakaian adat khas Indonesia yang dikenakan para staf kedutan besar. Selain itu ada pertunjukan pencak silat, musik Sunda, dan tari-tarian tradisional antara lain Jaipong dan Piring.

Duta Besar Republik Indonesia untuk Malaysia Hermono dalam pidatonya ketika itu menyampaikan harapan agar kerja sama Republik Indonesia dan Malaysia baik dalam konteks bilateral maupun regional melalui ASEAN dapat terus berkontribusi positif bagi perdamaian, stabilitas dan kemakmuran di kawasan Asia Tenggara di masa datang.

Ia juga memberikan apresiasi atas kerja sama yang terjalin baik antara Indonesia dan Malaysia terkait fasilitas distribusi 400 ribu bantuan logistik bagi warga negara Indonesia (WNI) di Malaysia serta menyalurkan bantuan peralatan medis kepada Indonesia alam rangka pemulihan di masa pandemi COVID-19.

Baca juga: KBRI: Wisatawan Indonesia bisa ditolak masuk Malaysia

Selain itu, ia juga berharap peran keketuaan Indonesia di G20 yang mengangkat tema "Recover Together Recover Stonger" dapat memperkuat pemulihan ekonomi dunia serta menyelesaikan berbagai konflik di kawasan dan isu global dan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dunia secara berkelanjutan.

Keketuaan Indonesia pada ASEAN tahun 2023 juga diharapkan dapat meraih capaian serupa, termasuk khususnya melalui peran ASEAN Centrality, ujar dia.

Hadir dalam acara tersebut Menteri Perumahan dan Kerajaan Tempatan Reezal Merican Naina Merican sebagai Guest of Honor. Selain itu dua orang pejabat yang mewakili Pemerintah Malaysia yakni Ketua Dewan Rakyat Yang di-Pertuan Dewan Rakyat Azhar Azizan Harun dan Wakil Menteri di Jabatan Perdana Menteri Hal Ehwal Sabah dan Sarawak Hajah Hanifah Hajar Taib.

Beberapa duta besar dan korps diplomatik dari negara-negara ASEAN dan negara lainnya turut hadir dalam acara yang dihadiri kalangan pemerintah, kedutaan besar asing, swasta, akademisi, lembaga swadaya masyarakat dan media di Malaysia.

Baca juga: SBY: Pos di Malaysia strategis
Baca juga: KBRI Kuala Lumpur aktifkan lagi layanan jemput bola untuk WNI

 

Pewarta: Virna P Setyorini
Editor: Mulyo Sunyoto
Copyright © ANTARA 2022