Mudah-mudahan dengan anugerah ini Desa Wisata Sumber Sari Air Terjun Moramo bisa menjadi yang terbaik di Indonesia
Kendari (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno terpukau dengan keindahan yang disuguhkan wisata Air Terjun Moramo, Desa Sumber Sari, Kecamatan Moramo, Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara.

"Subhanallah begitu indahnya, wow keren, Insya Allah membawa berkah. Begitu saya naik ke sini setelah 1,4 kilometer (jalan kaki), 28 menit naik dari bawah pemandangan yang menakjubkan sekali, luar biasa dan ini salah satu yang mungkin luar biasa, ini merupakan anugerah, kita punya destinasi yang betul-betul membawa khihmah," kata Sandiaga sambil melihat ke arah Air Terjun Moramo, di Konawe Selatan, Jumat.

Sandiaga mengaku bangga karena permandian bertingkat Air Terjun Moramo di Desa Wisata Sumber Sari, Konawe Selatan tersebut menembus 50 besar desa wisata terbaik dari 3.500 se-Indonesia.

Menurutnya, hal tersebut menunjukkan komitmen dari seluruh pentaheliks baik pemerintah pusat sampai ke pemerintah tingkat desa bersama-sama bergandengan tangan untuk bangkit dan menciptakan peluang usaha dan lapangan kerja.

"Kami ingin gercep, gerak cepat, tidak pake ruwet, kita ingin memberikan semangat agar desa wisata ini menjadi daya tarik unggulan bagi Konawe Selatan dan Sulawesi Tenggara," ujar dia.

Kata Sandiaga, sungguh beruntung bagi Kabupaten Konawe Selatan yang dikaruniai destinasi wisata Air Terjun Moramo yang cantik, menawan, sangat memiliki daya tarik wisata untuk memulihkan pariwisata dalam membangkitkan perekonomian.

"Mudah-mudahan dengan anugerah ini Desa Wisata Sumber Sari Air Terjun Moramo bisa menjadi yang terbaik di Indonesia," ujar Menparekraf.


 
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno (kiri) ditemani Bupati Konawe Selatan Surunuddin Dangga, mengunjungi wisata Air Terjun Moramo, Desa Sumber Sari, Kecamatan Moramo, Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara, Jumat (26/8/2022) (ANTARA/Harianto)



Dia mengaku, pihaknya akan membantu agar di objek wisata tersebut memiliki jaringan internet yang baik agar wisatawan yang berkunjung bisa mengunggah setiap momen yang tertangkap kamera seluler tanpa harus keluar dari permandian tersebut.

"Yang kedua aspek keselamatan, tadi saya sudah merasakan agak licin di awal tapi di ujung sini sudah bagus sekali. Jadi itu aspek safety (harus ada) life jacket," katanya.

Bupati Konawe Selatan Surunuddin Dangga mengaku bahwa dirinya tidak menyangka jika permandian bertingkat Air Terjun Moramo di Desa Sumber Sar bisa masuk 50 desa wisata terbaik se-Indonesia.

"Kami tidak menyangka Desa Sumber Sari Air Terjun Moramo masuk 50 besar desa wisata terbaik. Alhamdulillah, ini suatu kesyukuran yang luar biasa, kami banyak mengucapkan terimakasih atas kehadiran Mas Menteri," kata Bupati Surunuddin.

Dalam kunjungannya, Menparekraf didampingi Staf Khusus Bidang Akuntabilitas Pengawasan dan Informasi Birokrasi Kemenparekraf Krisnandi, Direktur Tata Kelola Destinasi Kemenparekraf Indra Ni Tua , Anggota DPR RI Komisi X Tina Nur Alam, Bupati Konawe Selatan Surunuddin Dangga, Kepala Dinas Pariwisata Sultra Belli Harli Tombili dan tamu undangan lainnya.

Baca juga: Menparekraf bantu penguatan jaringan internet wisata Air Terjun Moramo
Baca juga: Menparekraf pacu pelaku UMKM di Kendari masuk sistem ekonomi digital
Baca juga: Menparekraf bantu kemandirian ekonomi pondok pesantren

 

Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2022