Jakarta (ANTARA) -
Selama sepekan (22-27 Agustus), berbagai peristiwa politik menarik telah diberitakan Kantor Berita ANTARA, mulai dari Presiden Jokowi instruksikan gebuk mafia tanah hingga kelahiran cucu kelima Presiden.

Berikut rangkuman berita politik sepekan yang layak disimak pagi ini:

1. Jokowi: Kalau ada mafia tanah silakan detik itu juga digebuk
Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan seluruh jajarannya untuk bertindak tegas dan keras terhadap mafia tanah yang menyulitkan masyarakat dalam mengurus sertifikat.

"Kalau masih ada mafia yang main-main, silakan detik itu juga, gebuk. Ini meruwetkan ngurus sertifikat. Tidak bisa kita biarkan rakyat tidak dilayani urus sertifikat, setuju enggak?" kata Jokowi dalam sambutannya saat menyerahkan sertifikat tanah di Gelora Delta, Sidoarjo, Jawa Timur, Senin.

Selengkapnya di sini

2. Pemerintah kebut revitalisasi TMII untuk sambut G20
Pemerintah membenahi sejumlah fasilitas destinasi wisata, salah satunya Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, guna menyambut perhelatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali pada bulan November 2022.

Berdasarkan siaran pers Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kominfo yang diterima di Jakarta, Selasa, saat ini revitalisasi taman miniatur Nusantara itu sudah hampir rampung.

Selengkapnya di sini

3. Megawati serahkan lebih dari satu nama calon Menpan RB kepada Jokowi
Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menyebutkan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri mengajukan lebih dari satu nama calon Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) kepada Presiden Jokowi.

"Ya, pada hari Kamis yang lalu Ibu Mega sudah bertemu dengan Presiden Jokowi dan nama-nama sudah diserahkan," kata Hasto di sela Pameran Lukisan Freedom of Harmony di Jakarta, Selasa.

Selengkapnya di sini

4. Anggota DPR minta pemerintah usut nelayan ditembak di PNG
Anggota Komisi I DPR RI Christina Aryani meminta Pemerintah Indonesia mendalami dan mengusut peristiwa meninggalnya kapten kapal nelayan Calvin 02 bernama Sugeng yang diduga ditembak tentara Papua Nugini yang sedang berpatroli, Senin (22/8).

"Pengusutan ini penting agar pemerintah bisa mengambil langkah yang tepat dan cermat terkait upaya penyelesaiannya, terutama jaminan bagi WNI yang menjadi korban penembakan," kata Christina di Jakarta, Kamis.

Selengkapnya di sini

5. Presiden dan Ibu Negara sambut kelahiran cucu kelima
Presiden RI Joko Widodo beserta Ibu Negara Iriana Joko Widodo menyambut kelahiran cucu kelima yang lahir di RS Pondok Indah, Jakarta, Kamis.

Berdasarkan siaran pers yang diterima, Presiden Jokowi dan Ibu Negara hadir di RS Pondok Indah sejak pukul 05.50 WIB untuk menantikan kelahiran sang cucu laki-laki dari pasangan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution yang lahir pukul 06.39 WIB.

Selengkapnya di sini

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022