Palangka Raya (ANTARA) -
Atlet Indonesia menjadi yang tercepat dalam babak kualifikasi untuk kategori Men Elite dalam kejuaraan balap sepeda UCI MTB Eliminator World Cup 2022 di Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Minggu. 
 
"Atlet kita yaitu Rendy Varera Sanjaya memiliki catatan waktu 43,246 detik dalam babak kualifikasi," kata pelatih atlet Indonesia Yazid Kusmawati.
 
Pencatat waktu terbaik kedua dalam kualifikasi kategori Men Elite adalah atlet asal Thailand Methasit Boonsane dengan catatan waktu 44,012 detik, diikuti atlet Indonesia lainnya Andy Prayoga dengan catatan waktu 44,039 detik.
 
Posisi keempat diduduki atlet dari Prancis Quentin dengan catatan waktu 44,301 detik, disusul atlet Indonesia Zaenal Fanani dengan catatan waktu 45,012 detik, dan atlet asal Austria Theo Hauser dengan catatan waktu 45,691 detik.
 
Setelah babak kualifikasi, kategori 'Men Elite' dilanjutkan ke babak 1/8 Finals yang terbagi menjadi delapan heat atau kelompok tanding.
 
Dalam setiap kelompok tanding ini, diisi oleh peserta sebanyak tiga hingga empat orang yang bersaing untuk melaju ke babak selanjutnya.
 
Sstem yang sama juga diberlakukan untuk pertandingan kategori Women Elite. 
 
Gelaran UCI MTB Eliminator World Cup 2022 seri ke-8 di Palangka Raya ini diikuti sekitar 52 atlet. Dengan rincian 34 atlet mancanegara, serta 18 atlet Indonesia.
 
Dalam kejuaraan ini ada dua kategori yang diperlombakan, yakni Men Elite dan Women Elite. Tahapan dalam kejuaraan hari ini, diawali latihan singkat, berlanjut kualifikasi 'time trials women and men', hingga pada akhirnya diakhiri dengan final kategori women maupun men.


Baca juga: Sebanyak 52 atlet berebut yang terbaik di UCI MTB
Baca juga: Menpora: UCI MTB sarana atlet Indonesia bersiap hadapi Olimpiade 2024
Baca juga: Atlet mancanegara akui trek lompatan arena UCI MTB Kalteng menantang

Pewarta: Muhammad Arif Hidayat
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2022