Palangka Raya (ANTARA) - Kedatangan atlet sepeda gunung dunia yang akan bertanding di UCI-MTB Championship World pada 12 November 2023 di Palangka Raya, Kalimantan Tengah, disambut dengan tapung tawar khas Dayak Kalteng oleh panitia saat berada di Bandara Tjilik Riwut Palangka Raya.

Ketua Harian Ikatan Sport Sepeda Indonesia (SSI) Kalteng, Rahmat Nasution Hamka, di Palangka Raya, Jumat, mengatakan pemakaian tapung tawar khas Dayak Kalteng itu bertujuan agar alam semesta merestui seluruh rangkaian UCI-MTB Championship tahun ini.

"Kami yakin dengan tapung tawar adat khas Dayak Kalteng dan keyakinan agama yang kami anut, semua kegiatan yang akan dilaksanakan ini berjalan sesuai dengan keinginan dan lancar sampai akhir kegiatan," kata Rahmat Nasution Hamka.

Ia menuturkan, sampai saat ini atlet sepeda gunung dunia yang akan berlaga pada UCI-MTB Championship 2023 tersebut totalnya berjumlah 80 atlet dari 50 negara.

Sebenarnya negara yang mendaftar sebanyak 60 lebih, namun gelaran tersebut sempat tertunda dan akhirnya negara yang berpartisipasi menjadi 50 negara dan malam ini pendaftaran akan ditutup oleh panitia.

"Puluhan atlet tersebut kini sudah datang, hanya tinggal beberapa atlet yang saat ini sedang dalam perjalanan menuju Kota Palangka Raya," bebernya.

Menurut Rahmah Nasution Hamka, atlet sepeda dari Indonesia juga akan berpartisipasi dalam kegiatan ini. Mereka ada dua orang dan akan segera melaksanakan latihan di sirkuit yang berada di kawasan Stadion Tuah Pahoe, Palangka Raya.

Bahkan seluruh atlet nantinya akan melakukan sesi latihan resmi di sirkuit tersebut satu hari sebelum kegiatan tersebut dilaksanakan.

"Ya besok mereka mencoba sirkuit secara resmi dan lusanya mereka sudah bertanding sesuai jadwal yang telah dibuat oleh panitia," demikian Rahmat Nasution Hamka.

Dalam penyambutan para atlet tersebut, ketika berada di bandara mereka langsung ditampung tawar khas Dayak Kalteng dan diberikan lawung (topi adat khas Dayak Kalteng) oleh para basir adat.


Baca juga: Polda Kalteng terjunkan 592 personel amankan UCI-MTB Championship 2023
Baca juga: Kejuaraan dunia sepeda UCI MTB 2023 di Kalteng ditunda akibat karhutla
Baca juga: Sukses gelar UCI MTB jadi momentum Kalteng untuk lebih dikenal dunia

Pewarta: Adi Wibowo
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2023