Palangka Raya (ANTARA) - Kepolisian Daerah Kalimantan Tengah (Polda Kalteng) menerjunkan sebanyak 592 personel untuk mengamankan jalannya kejuaraan sepeda dunia, UCI-MTB Championship World 2023  pada 12 November di Palangka Raya.

Kabid Humas Polda Kalteng Kombes Pol Erlan Munaji di Palangka Raya, Kamis, mengatakan dari 592 personel yang terlibat pengamanan kejuaraan sepeda dunia di Palangka Raya, tidak hanya personel Polda Kalteng melainkan juga ada Brimob dan Polresta Palangka Raya.

"Jadi mereka ini nantinya akan diterjunkan ke sejumlah titik di dekat lokasi kegiatan dengan tujuan agar gelaran tersebut dapat berjalan lancar dan aman tanpa ada hambatan apapun," kata Erlan Munaji.

Ia menjelaskan, sampai saat ini pihak Polda Kalteng juga sudah menyiapkan personelnya serta kendaraan yang nantinya akan digunakan untuk membantu proses pengamanan pada hari H.

Bahkan sampai saat ini juga pihaknya juga sudah mempelajari jalur dan titik mana saja yang akan dilakukan penjagaan, sehingga daerah mana yang streril nantinya juga akan dilakukan gladi bersih di lokasi beserta panitia.

"Pada intinya personel kami siap untuk melakukan pengamanan kejuaraan sepeda dunia itu yang akan berlangsung di Kota Palangka Raya pada 12 November 2023," katanya.

Perwira Polri berpangkat melati tiga itu mengungkapkan, kondusifitas Kota Palangka Raya sampai saat ini aman dan tidak ada gangguan keamanan dan ketertiban (kamtibmas) yang menonjol.

"Semoga saja kamtibmas yang sudah kita pelihara ini tetap terjaga dengan baik sehingga hal-hal negatif yang kita khawatirkan tidak akan terjadi," demikian Erlan Munaji.

Dari informasi yang dirangkum, sudah ada lima peserta atlet sepeda dunia yang berada di Kota Palangka Raya untuk mempersiapkan diri mengikuti kejuaraan tersebut.

Bahkan para atlet juga sudah ada yang mencoba lintasan sirkuit yang didesain kebanyakan trek lurus dibandingkan trek belokan seperti tahun sebelumnya.
Baca juga: Kejuaraan sepeda dunia kembali digelar di Kalteng
Baca juga: Sukses gelar UCI MTB jadi momentum Kalteng untuk lebih dikenal dunia
 

Pewarta: Adi Wibowo
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023