Palangka Raya (ANTARA) - Polda Kalimantan Tengah (Kalteng) mengerahkan ribuan personel untuk  mengamankan jalannya kampanye Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 yang berlangsung mulai 28 November 2023.

Kabid Humas Polda Kalteng Kombes Pol Erlan Munaji di Palangka Raya, Kamis, mengatakan personel yang dilibatkan dalam pengamanan kampanye pemilu saat ini sebanyak 1.024 orang.
​​​​​​
​​"Beberapa hari kemarin kita juga sudah melaksanakan pengecekan personel bertempat di Polda Kalteng yang akan dilibatkan dalam pengamanan kampanye pemilu, hal itu sesuai dengan surat perintah yang dikeluarkan dan diteken langsung Kapolda Kalteng," kata Erlan.

Dia menuturkan, sesuai Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 3 Tahun 2022 tentang tahapan dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilu 2024, masa kampanye berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024.

"Oleh karena itu personel kita sudah dipersiapkan untuk mengamankan kegiatan tersebut, sehingga juga memberikan rasa aman kepada masyarakat dari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi," ucapnya.

Lebih lanjut, Erlan menambahkan, dalam tahap kampanye itu personel kepolisian yang tergabung di Satgas Operasi Mantap Brata (OMB) Telabang 2023-2024 akan dibantu dari unsur TNI, Bawaslu, KPU dan instansi terkait lainnya.

"Harapannya, melalui kesiapan ini tahapan kampanye dapat menciptakan kamtibmas yang kondusif, sehingga terwujudnya pemilu damai 2024 di provinsi setempat," demikian Erlan.

Sampai saat ini kondisi keamanan dan ketertiban di provinsi yang memiliki luas dua kali dari pulau jawa tersebut, sampai saat ini aman dan tidak ada gangguan kamtibmas yang menonjol.

Tentunya ketika ada hal-hal yang dapat mengganggu kamtibmas, personel Polda Kalteng beserta Polres jajaran tidak akan tinggal diam dan segara mengantisipasinya dengan peraturan yang mereka punya.

Pewarta: Adi Wibowo
Editor: Hisar Sitanggang
Copyright © ANTARA 2023