Kemenangan itu membawa Marseille untuk ke puncak klasemen Ligue 1.
Jakarta (ANTARA) - Alexis Sanchez mencetak gol pertamanya bersama Marseille dalam pertandingan Liga Prancis, Minggu malam. Dia mencetak dua gol saat Marseille menang 3-0 dalam derbi Mediterania melawan Nice.

Mantan bintang Arsenal asal Chile itu mencetak kedua golnya pada babak pertama di Cote d'Azur, sedangkan satu gol lainnya dikemas oleh bek sayap pinjaman Arsenal Nuno Tavares.

Kemenangan itu membawa Marseille untuk ke puncak klasemen Ligue 1 dengan 10 poin dari empat pertandingan, di atas Lens yang kalah selisih gol.

Namun, juara bertahan Paris Saint-Germain dapat merebut kembali posisi teratas, jika menang melawan Monaco dalam hari yang sama.

Sanchez membuat start pertamanya untuk Marseille akhir pekan lalu, setelah meneken kontrak satu tahun dengan klub bekas juara Liga Champions setelah hengkang dari Inter Milan.

Dia membuka skor pada menit ke-10 dengan sebuah sentuhan di kotak penalti dan melepaskan tembakan ke atap gawang yang melewati kiper Kasper Schmeichel.

Tavares menggandakan kedudukan pada menit ke-37 ketika tendangan mendatarnya dari luar kotak penalti menaklukkan Schmeichel di tiang dekat gawang.

Itu gol ketiganya dalam empat pertandingan sejak dipinjam dari The Gunners yang musim lalu direkrut dari Benfica.

Sanchez kemudian membuat gol keduanya untuk mengubah kedudukan menjadi 3-0 sebelum jeda setelah tendangan Tavares ditepis kiper lawan.

Hasil ini membuat Nice belum juga menang selama awal musim ini.

Pemain internasional Pantai Gading Nicolas Pepe gagal memberi dampak kepada Nice pada debutnya setelah dipinjam dari Arsenal.

Dalam pertandingan lain, Junya Ito menjadi pemain Jepang ketiga yang mencetak gol di Ligue 1 saat Reims imbang 1-1 melawan Lyon.

Ito yang direkrut dari klub Belgia Genk bulan lalu, membawa Reims memimpin pada babak pertama untuk mengikuti jejak Daisuke Matsui dan Hiroki Sakai yang menjadi pemain Jepang yang mencetak gol di Ligue 1.

Reims harus melihat kenyataan Dion Lopy diusir keluar lapangan pada babak kedua, sehingga tka bisa mempertahanka kedudukan ketika Moussa Dembele menanduk bola untuk menyamakan kedudukan.

Sementara itu, Montpellier mencatat kemenangan tandang terbesar di liga utama Prancis saat membantai Brest 7-0 di Brittany.

Elye Wahi dan Valere Germain sama-sama mencetak dua gol, sementara Pierre Lees-Melou membuat Brest harus bermain dengan 10 orang karena mendapatkan kartu merah.

Faitout Maouassa membawa tim tamu unggul pada menit keenam, yang digandakan Sepe Elye Wahi pada menit ke-10. Satu menit kemudian Wahbi Khazri menvubah kedudukan menjadi 3-0.

Nicolas Cozza membuat kedudukan berubah lagi menjadi 4-0 pada menit ke-25, sebelum Wahi mencetak gol keduanya dalam kedudukan 5-0. Montpellier kemudian mendapatkan sumbangan dua gol lagi dari Valere Germain pada menit 64 dan 84.

Dalam pertandingan Nantes melawan Toulouse, Zakaria Aboukhlal sempat membawa tim tamu Toulouse unggul pada menit ke-15.

Namun Nantes akhirnya berbalik menang setelah mencetak tiga gol pada babak kedua yang masing-masing dicetak Evann Guessand, Mostafa Mohamed Fathi, dan Moses Simon.

Troyes juga mencatat kemenangan di kandang setelah menaklukkan Angers dengan 3-1, setelah tim tamu kehilangan Batista Mendy pada menit ke-21 akibat terkena kartu merah.

Renaud Ripart membawa tuan rumah unggul pada menit ke-12 yang baru digandakan pada menit ke-61 oleh Mamadu Balde. Angers sempat memperkecil ketertinggalan pada menit ke-67 dari gol Loïs Diony, sebelum Wilson Odobert mencetak gol ketiga Troyes pada menit ke-82.

Dalam laga lain yang mempertemukan tuan rumah Lorient dangn Clermont Foot, Terem Moffi mencetak dua gol kemenangan Lorient. Sedangkan Clermont yang bermain dengan 10 orang sejak menit ke-48, setelah Neto Borges mendapatkan kartu merah, mencetak satu gol balasan pada menit ke-62 dari kaki Muhammed-Cham Saracevic, demikian AFP dan laman ESPN.
Baca juga: Marseille resmi dapatkan Eric Bailly dari Manchester United
Baca juga: Juventus dapatkan Arkadiusz Milik dari Marseille

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2022