Secara realistis saya pikir kita perlu menggunakan minyak dan gas dalam jangka pendek, karena jika tidak, peradaban akan runtuh
Stavanger, Norwegia (ANTARA) - Dunia harus terus mengekstrak minyak dan gas untuk mempertahankan peradaban, sementara juga mengembangkan sumber energi yang berkelanjutan, kata pendiri Tesla Elon Musk kepada wartawan pada sebuah konferensi di Norwegia, Senin.

"Secara realistis saya pikir kita perlu menggunakan minyak dan gas dalam jangka pendek, karena jika tidak, peradaban akan runtuh," kata Musk di sela-sela konferensi energi di kota selatan Stavanger.

Ditanya apakah Norwegia harus terus mengebor minyak dan gas, Musk berkata: "Saya pikir beberapa eksplorasi tambahan diperlukan saat ini."

"Salah satu tantangan terbesar yang pernah dihadapi dunia adalah transisi ke energi berkelanjutan dan ekonomi berkelanjutan," katanya. "Itu akan memakan waktu beberapa dekade untuk diselesaikan."

Dia mengatakan pembangkit listrik tenaga angin lepas pantai di Laut Utara, dikombinasikan dengan paket baterai stasioner, dapat menjadi sumber energi utama.

"Itu bisa menyediakan sumber energi yang kuat dan berkelanjutan di musim dingin," katanya.

Dia juga menyuarakan keprihatinan atas tingkat kelahiran, menggemakan pernyataan yang dia buat di sebuah posting Twitter akhir pekan lalu tentang risiko "runtuhnya populasi".

"Salah satu hal yang kurang jelas saya khawatirkan adalah tingkat kelahiran, dan saya pikir penting bahwa orang memiliki cukup bayi untuk mendukung peradaban sehingga kita tidak menyusut," kata Musk.


Baca juga: Luhut ketemu Elon Musk September minta kejelasan investasi di RI
Baca juga: Uni Eropa sedang mencari jawaban atas krisis pasokan energi
Baca juga: Elon Musk jual 7,92 juta saham Tesla senilai 6,9 miliar dolar AS

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2022