Jakarta (ANTARA) - Pada Senin (29/8) gempa dengan magnitudo 6,1 terjadi di wilayah Kepulauan Mentawai, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menjalani isolasi mandiri (isoman) karena terserang COVID-19, dan pemerintah memfasilitasi pemulihan perempuan suporter sepak bola yang menjadi korban pelecehan seksual.

Selain itu ada warta mengenai perlindungan ekosistem gambut dan pendapat pengamat mengenai penerapan syarat vaksinasi COVID-19 bagi pelaku perjalanan yang bisa disimak kembali dalam ringkasan berita berikut.

Aktivitas subduksi lempeng Megathrust picu gempa di Kepulauan Mentawai
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan gempa dengan magnitudo 6,1 yang terjadi di barat laut Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, Senin pukul 10.29 WIB, dipicu oleh aktivitas subduksi lempeng segmen Megathrust Mentawai-Siberut. Gempa tersebut menyebabkan kerusakan di Pulau Siberut.

Menteri Kesehatan jalani isoman
Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin langsung menjalani isolasi mandiri (isoman) setelah dikonfirmasi terserang COVID-19 berdasarkan hasil pemeriksaan RT-PCR. 

Pemerintah fasilitasi pemulihan korban pelecehan seksual suporter bola
Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak memberikan perlindungan dan memfasilitasi pemulihan perempuan suporter bola yang menjadi korban pelecehan seksual dalam laga PSS Sleman vs Persib Bandung.

Kanada bantu perlindungan ekosistem lahan gambut Sumatera Selatan
Pemerintah Kanada menyalurkan bantuan dana untuk melindungi ekosistem lahan gambut di Provinsi Sumatera Selatan sebagai bagian dari dukungan terhadap upaya Indonesia mengurangi dampak perubahan iklim.

Pengamat: Aturan vaksinasi PPDN langkah tepat dan adaptif
​​​​​​​Pengamat Kebijakan Publik dari Universitas Indonesia Prof. Amy Yayuk Sri Rahayu menilai kebijakan pemerintah memberlakukan syarat vaksinasi COVID-19 penguat serta meniadakan syarat tes COVID-19 bagi pelaku perjalanan dalam negeri (PPDN) merupakan langkah yang tepat dan adaptif.

   

Pewarta: Wuryanti Puspitasari
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2022