Bandung (ANTARA) -
Rektor Universitas Pasundan (Unpas) Prof Dr Ir H Eddy Jusuf terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Ikatan Alumni (IKA) Unpas Periode 2022-2027, berdasarkan hasil Kongres III IKA Unpas, di Kota Bandung, Jawa Barat, Senin (29/8).
 
Demisioner Ketua IKA Unpas 2016-2021 Dr Sobur Dwiono, MM, Selasa, di Kota Bandung, menekankan kepada ketua terpilih untuk menjalankan kewajiban dan merumuskan program kerja yang lebih sistematis, khususnya dalam menginventarisasi data alumni.
 
"Selain punya sekretariat atau graha yang permanen dan representatif, saya ingin IKA Unpas baik di pusat, fakultas, maupun daerah bisa menjalankan fungsi sebagai career center, business center, dan mengabdi pada masyarakat. Ini bisa jadi upaya untuk menginventarisasi data alumni," katanya.
 
Dia mengatakan Komisi Pemilihan IKA Unpas memberikan mandat kepada ketua terpilih untuk memilih pengurus baru, maksimal satu bulan setelah pelaksanaan kongres.
 
Forum Kongres III IKA Unpas menetapkan tim formatur yang terdiri dari Prof Dr Ir H Eddy Jusuf (Ketua Terpilih), Dr Sobur Dwiono, MM (Demisioner Ketua Umum IKA Unpas 2016-2021), perwakilan pengurus IKA Kota Bandung, IKA Korda Banten, dan IKA Fakultas Hukum.
 
Prof. Eddy merupakan Rektor Unpas pertama yang berasal dari alumni Unpas. Ia menempuh pendidikan sarjana di Fakultas Teknik dan mengikuti wisuda pada 1979.
 
Pada pidato singkatnya, Rektor bakal segera menyusun kepengurusan “
 
"Kabinet Pelangi" IKA Unpas masa bakti 2022-2027.
 
Dia menyebutkan susunan pengurus akan melibatkan alumni yang berkarier di birokrat, politik, kepolisian, militer, dunia usaha dunia industri (DUDI), dan akademisi.
 
“Visi saya, ingin menjadikan IKA Unpas sebagai kebanggaan alumni dan almamater untuk meningkatkan kesejahteraan alumni dan masyarakat di tahun 2027,” tuturnya.
 
Untuk mewujudkan visi tersebut, Rektor mengusung tiga misi utama, yaitu menghimpun potensi alumni yang tersebar di Indonesia dan luar negeri, membangun kemitraan dengan semua pihak, serta berkontribusi pada peningkatan kesejahteraan alumni dan masyarakat.
 
Terkait graha alumni, kita sementara bisa memanfaatkan Markas Komando Mahawarman karena IKA Unpas harus membentuk branding di dalam kota untuk mempermudah koordinasi,” sambungnya.
 
Ke depan, Rektor juga akan membenahi inventarisasi data alumni untuk mengetahui sebaran dan potensi alumni dari seluruh angkatan.
 
“Database alumni harus diperbaiki dan ditata kembali, karena jadi salah satu instrumen penting yang akan dinilai asesor saat reakreditasi,” katanya.
 

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Arief Mujayatno
Copyright © ANTARA 2022