mulai terasa seperti kita benar-benar hidup dalam film fiksi ilmiah
Jakarta (ANTARA) - Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Johnny G. Plate mengatakan pihaknya yakin kolaborasi yang dihadirkan melalui pameran Gugus Tugas Industri atau Industrial Task Force (ITF) menunjukkan tantangan masa depan.

“Saya yakin kolaborasi saat ini menunjukkan betapa menantangnya masa depan kita, terutama dengan kehadiran delegasi Digital Economy Working Group dari negara-negara anggota G20 yang dapat mendorong kolaborasi di masa depan,” katanya melalui siaran pers pada Senin (29/8).

Ia mengatakan pemerintah terus memperkuat kolaborasi dengan berbagai negara maju dan berkembang untuk menghadapi tantangan masa depan.

Menurut Kementerian Kominfo, pertemuan keempat Digital Economy Working Group (DEWG) Presidensi G20 Indonesia 2022 menjadi momentum tepat untuk menghadirkan teknologi digital terbarukan.

Johnny mengatakan kehadiran sektor swasta atau platform digital akan memperkuat kolaborasi. Ia mencontohkan kehadiran Marvel Cinematic Universe yang memberikan dukungan dalam pemberantasan pelaku kejahatan di ruang digital.

“Dengan munculnya berbagai macam teknologi digital seperti Driverless Cars, Metaverse, Advanced Robotic Assistance, dan Artificial Intelligence Based Technologies itu mulai terasa seperti kita benar-benar hidup dalam film fiksi ilmiah,” katanya,

Selain pameran ITF, dalam rangkaian pertemuan keempat DEWG G20 di Bali akan berlangsung Digital Innovation Network (DIN). Dalam kesempatan yang sama, Johnny turut mengundang delegasi anggota G20 untuk menghadiri gelaran DIN.

“Saya ingin mengundang Anda semua untuk bergabung dengan kami di Digital Innovation Network G20 pada tanggal 2 hingga 4 September minggu depan,” ujarnya.

Johnny menegaskan kehadiran delegasi negara anggota G20 dalam pertemuan keempat DEWG memberikan dampak positif terhadap sektor pariwisata di Provinsi Bali. Oleh karena itu, Johnny mempersilakan para delegasi untuk menikmati setiap titik wisata Pulau Dewata.

“Silakan menikmati waktu para delegasi negara anggota G20 di Bali dan selamat bersenang-senang menikmati aktivitas di Pulau Dewata Bali,” katanya.

Usai membuka pameran ITF, Johnny langsung meninjau 12 stan pameran dari 12 perusahaan dan dua instansi pemerintah, antara lain termasuk Traveloka, Itemku, GoTo, Gatebox Metaverse, Kartu Pra Kerja, Bukalapak, Halodoc, Telkom Indonesia, Gudangada, Telkomsel, Amazon Web Service, dan PeduliLindungi.

Baca juga: Menkominfo dorong peserta pameran ITF tingkatkan layanan

Baca juga: Menkominfo apresiasi inovasi ITF

Baca juga: Menkominfo harap DEWG susun Deklarasi Menteri berwawasan global

Pewarta: Rizka Khaerunnisa
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022