Sentani (ANTARA) - Presiden Joko Widodo berharap rumah sehat yang dibangun oleh Kementerian Sosial di Doyo Baru, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua, bisa segera ditempati oleh warga yang rumahnya rusak akibat banjir bandang tahun 2019.

"Yang paling penting rumah-rumah yang telah dibangun segera ditempati dan kami ingin membangun ekosistem yang baik," katanya di Kampung Doyo Baru, Distrik Waibu, Rabu, saat meninjau 76 rumah sehat yang dibangun pemerintah untuk korban banjir bandang di Kabupaten Jayapura tahun 2019.

Presiden mengatakan bahwa di kompleks perumahan yang dibangun bagi warga yang terdampak banjir bandang juga telah disiapkan lahan untuk bercocok tanam serta berternak.

Ia mengatakan bahwa pembangunan kompleks perumahan sekaligus sarana pendukung pemberdayaan ekonomi masyarakat di Doyo Baru diharapkan bisa menghadirkan kesejahteraan bagi warga yang menempati. 

Koordinator Pengungsi Banjir Bandang Ban Wakur menyampaikan terima kasih kepada pemerintah yang telah menyiapkan rumah layak huni bagi warga yang terdampak banjir bandang.

"Mewakili seluruh penerima bantuan rumah sehat kami mengucapkan banyak terima kasih kepada Presiden Jokowi, semoga selalu dilindungi Tuhan Yang Maha Esa," katanya.

Dalam kunjungan kerjanya di Provinsi Papua pada Rabu, selain meninjau rumah sehat Presiden meluncurkan Papua Football Academy (PFA) dan menyerahkan Nomor Induk Berusaha (NIB) bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah.

Baca juga:
Jokowi mulai pembagian BLT pengalihan subsidi BBM di Jayapura
Presiden tinjau Rumah Sehat di Papua harapkan ekosistem perumahan baik

Pewarta: Ardiles Leloltery
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2022