Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam acara Peringatan 70 Tahun Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) mengatakan kontribusi pihak swasta turut berperan penting dalam mewujudkan perekonomian untuk menjadi lebih baik.

Selain mengeluarkan kebijakan pendorong pemulihan ekonomi jangka pendek, kebijakan reformasi struktural jangka menengah-panjang juga ditempuh pemerintah, melalui UU Cipta Kerja dan layanan perizinan berusaha elektronik (OSS-RBA), termasuk upaya mendorong hilirisasi komoditas guna meningkatkan nilai tambah industri.

"Melalui kebijakan ini diharapkan daya saing dan kemudahan berusaha di Indonesia dapat ditingkatkan. Agar efektivitas agenda reformasi ini dapat berhasil, Pemerintah berharap dukungan dan kerja sama dari semua pihak, baik dari sektor swasta, masyarakat, dan para pemangku kepentingan," ucap Airlangga dalam keterangan resmi di Jakarta, Rabu.

Sementara itu, untuk menjawab tantangan perubahan iklim, pemerintah masih konsisten pada komitmen untuk mengembangkan ekonomi berkelanjutan. Dalam hal ini telah dikembangkan mekanisme nilai ekonomi karbon yang akan menjadi dasar pemberian insentif bagi perusahaan untuk mendorong penurunan emisi.

Ketahanan sektor eksternal Indonesia saat ini juga masih tetap terjaga karena didukung dengan neraca perdagangan yang surplus selama 27 bulan berturut-turut. Berbagai indikator utama seperti Indeks Kepercayaan Konsumen (IKK) dan penjualan ritel juga terus tumbuh sejalan dengan Purchasing Manager’s Index (PMI) yang terus berada di level ekspansif.

Baca juga: Airlangga: Lewat RCEP Indonesia bisa tingkatkan integrasi rantai pasok

Selain itu, ia menuturkan inflasi Indonesia termasuk relatif terkendali, yakni sebesar 4,94 persen pada Juli 2022 meski di tengah kenaikan inflasi global.

"Berbagai capaian positif ini harus dipertahankan dengan melanjutkan kerja sama yang baik selama ini, juga mengingat berbagai tantangan lain yang telah menanti di depan mata. Namun, kami memandang optimis prospek ekonomi Indonesia ke depan dan berharap hal yang sama juga dirasakan oleh para pengusaha," ujarnya.

Dalam rangka mengatasi tantangan yang ada saat ini, pemerintah mengharapkan dukungan dan kerja sama dari semua pihak baik, terutama di sektor swasta. Peran APINDO menjadi penting sebagai mitra pemerintah guna memberikan masukan kritis dan konstruktif dalam pembuatan kebijakan di berbagai tingkatan pemerintahan.

Menurut Airlangga, APINDO juga turut berkontribusi besar dalam penciptaan lapangan kerja dan menciptakan hubungan industri yang baik untuk meningkatkan produktivitas dan pekerjaan yang layak bagi pekerja. Dalam penanganan pandemi dua tahun ini, terlihat bahwa hubungan industri berjalan baik meskipun dalam situasi yang sangat sulit.

"Atas nama Presiden RI dan pribadi, saya ucapkan Dirgahayu APINDO yang ke-70. Dengan pengalamannya sebagai organisasi pengusaha tertua di Indonesia dan dengan tugas khusus terutama tripartit, saya mengharapkan APINDO terus maju melanjutkan kontribusinya guna mewujudkan ekonomi Indonesia yang lebih baik," tambah Menko.

Baca juga: Airlangga: transformasi perkotaan ciptakan ekonomi yang lebih baik

Baca juga: Airlangga tegaskan transisi energi harus berjalan adil dan terjangkau

Pewarta: Agatha Olivia Victoria
Editor: Satyagraha
Copyright © ANTARA 2022