Jakarta (ANTARA) - Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman meresmikan sepuluh (10) pompa hidraulik ram (hidram) di Desa Mnelalete, Kecamatan Amanuban Barat, Kabupaten Timor Tengah Selatan, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu.

Berdasarkan siaran tertulis Dinas Penerangan Angkatan Darat (Dispenad) yang diterima di Jakarta, peresmian sepuluh pompa air yang bekerja menggunakan tenaga air atau hidraulis itu ditandai dengan penandatangan prasasti oleh Jenderal Dudung.

Dalam sambutannya, Dudung menjelaskan peresmian sepuluh pompa hidram itu adalah wujud pelaksanaan Program TNI AD Manunggal Air untuk menyediakan air bersih bagi masyarakat sebagaimana perintah Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Baca juga: Kasad tutup TMMD 2022 di Kaltim

Dia menyampaikan Presiden Jokowi telah memerintahkan TNI AD agar membantu menyejahterakan masyarakat di Tanah Air, terutama pascapandemi COVID-19 yang berpengaruh pada perekonomian dan berdampak pada munculnya persoalan-persoalan pangan.

“Selain Program Manunggal Air, TNI AD melalui Komando Distrik Militer bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Timor Tengah Selatan juga melaksanakan program ketahanan pangan yang saat ini telah membuka lahan tidur seluas 53 hektare untuk ditanami jagung," tambah Dudung.

Dia berharap kegiatan-kegiatan tersebut dapat bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat setempat.

Baca juga: Wabup Kupang: Program TMMD berdampak positif bagi masyarakat
Baca juga: Satgas TMMD Kodim Talaud dan masyarakat gotong royong bersihkan jalan


Dudung menyampaikan Provinsi Nusa Tenggara Timur menjadi salah satu wilayah prioritas dalam Program Manunggal Air dan Ketahanan Pangan TNI AD. Hal tersebut karena di wilayah ini terdapat permasalahan perekonomian yang kompleks, seperti warga yang sulit mendapatkan air bersih dan mengembangkan pertanian.

Ia menyampaikan terima kasih atas sinergi yang telah terjalin dengan baik antara TNI AD, pemerintah daerah, dan komponen bangsa lainnya, terutama di NTT, dalam menyukseskan program pemerintah serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Terima kasih kepada Bupati dan Dandim Timur Tengah Selatan yang telah berkarya untuk masyarakat. Selanjutnya, saya minta dukungan semua pihak sehingga TNI AD dapat memperluas program dalam menyejahterakan masyarakat dan TNI AD selalu mencintai serta dicintai rakyat,” ucap dia.

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2022