Jakarta (ANTARA) - Manchester City mencukur Nottingham Forest 6-0 dalam pertandingan Liga Inggris di Etihad Stadium, Manchester, Kamis dini hari WIB.

Erling Haaland mencetak hattrick pada babak pertama, Julian Alvarez melesakan dua gol dan satu gol lainnya disumbangkan oleh Joao Cancelo.

Tambahan tiga poin membuat Man City tetap menguntit Arsenal pada posis kedua klasemen. 

Skuad besutan Pep Guardiola ini mengoleksi 13 poin dari lima laga dan belum pernah kalah, sedangkan Forest terlempar ke posisi 15 karena menelan kekalahan ketiga musim ini.

City langsung menekan Forest sejak laga dimulai. Gundogan mencatat peluang pertama ketika sepakannya pada menit ke-3 melambung di atas gawang.

City membuka keunggulan pada menit ke-13 ketika Erling Haaland mencatatkan namanya di papan skor melalui sontekannya usai menerima umpan Phil Foden.

Haaland kembali mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-23. Berawal dari permainan umpan pendek, Haaland mengoper Foden di sisi kiri yang mempunyai ruang lebih baik.

Foden dikepung dua bek, bola malah kembali mengalir ke Haaland. Di depan gawang yang kosong, Haaland menjebol gawang lawan untuk kedua kalinya sehingga City unggul 2-0.


Baca juga: Bekuk Villa 2-1, Arsenal tetap di puncak dan lanjutkan tren kemenangan

City mencetak gok ketiga pada menit ke-30 saat John Stones menyontek bola dari tendangan bebas. Wasit menganulir golnya karena bek tengah itu sudah dalam posisi offside.

Delapan menit kemudian aaland mencetak hattrick pada menit ke-38. Cancelo melepas umpan lambung ke sisi kanan gawang Nottingham yang disundul Foden ke sisi berlawanan.

Stones lalu menyundulnya lagi ke depan gawang yang dituntaskan dengan kepala Haaland menjadi go untuk mengubah lagi kedudukan menjadi 3-0.

Pada menit ke-44, Julian Alvarez nyaris menambah gol bagi The Cityzen, namun sepakannyat ipis melenceng dari gawang.

Manchester City tidak mengendurkan serangan pada babak kedua.

Pada menit ke-50 giliran Joao Cancelo mencetak gol keempat City. Bek asal Portugal itu mendapat ruang tembak di luar kotak penalti, mengontrol bola terlebih dahulu, lalu lepas tembakan keras dengan kaki kanan ke pojok gawang Dean Henderson. 

Julian Alvarez mencetak gol pada menit k-65. Kyle Walker mengirim umpan lambung ke depan kotak penalti yan disambut sempurnah oleh Mahrez yang kemudian mengirim umpan terobosan kepada Alvarez yang diselesaikan dengan sepakan kaki kanan. 

Julian Alvarez mencetak gol keduanya pada menit ke-87. Penyerang Argentina itu mendapat bola liar setelah sepakan Mahrez diblok barisan belakang Nottingham. Alvarez kemudian melepaskan tendangan kaki kiri yang gagal dihentikan Henderson.

Susunan Pemain:
Manchester City (4-3-3):
Ederson; Kyle Walker, John Stones (Rico Lewis 75'), Ruben Dias, Joao Cancelo (Sergio Gomez 68'); Bernardo Silva, Rodri (Riyad Mahrez 55'), Ilkay Gundogan; Julian Alvarez, Erling Haaland (Kevin de Bruyne 55'), Phil Foden (Cole Palmer 55').

Nottingam Forest (5-3-2): Dean Henderson; Neco Williams, Joe Worrall, Cheikhou Kouyate (Giulian Biancone 79'), Scott McKenna, Renan Lodi (Harry Toffolo 69'); Ryan Yates (Jack Colback 69'), Lewis O'Brien, Remo Freuler; Morgan Gibbs-White (Emmanuel Dennis 58'), Brennan Johnson (Taiwo Awoniyi 58').

Baca juga: Wesley Fofana resmi hijrah ke Chelsea dari Leicester

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2022