Jakarta (ANTARA) - Jharna Bhagwani, Vanya Qinthara dan Ashilla Sikado membagikan tips bagi kreator TikTok pemula agar bisa masuk ke for your page (FYP), salah satunya dengan menggunakan musik yang viral.

"Kalau dari aku biasanya ada tiga cara. Cara pertama, pakai musik yang viral. Itu biasanya naik. Masuk FYP. Kadang ada juga topik viral. Ketiga, itu dari aku sendiri. Menurut aku yang ketiga ini paling susah karena aku harus ngulik otak," ujar Jharna saat dijumpai di Jakarta Selatan, Kamis.

"Aku cari ide sendiri di mana kayak aku bisa bikin sesuatu yang baru. Itu yang aku lakuin di Lathi Challenge, Barbie Girl Challenge gitu. Aku bikin audio sendiri, konsep sendiri, setiap step-nya sendiri," imbuhnya.

Baca juga: TikTok selenggarakan kompetisi nasional "Beauty Star on TikTok"

Di sisi lain, Vanya Qinthara alias Minyo juga membagikan cara lain untuk dapat membuat konten yang viral. Dia mengatakan bahwa seorang kreator harus membuat konten yang menarik khususnya di tiga detik awal. Sebab, tiga detik pertama sangat menentukan apakah penonton akan menyaksikan konten tersebut hingga akhir atau tidak.

"Kalau aku tips yang paling pertama adalah detik pertama, apalagi tiga detik pertama itu menentukan banget sih. Jadi usahakan invest otak di tiga detik pertama," jelas Minyo.

"Selain itu, kalau di TikTok, kan ada berbagai macam cara untuk masuk FYP. Dari suara, filter, hashtag, itu dicoba dimain-mainin tuh di situ. Dan yang ketiga, temukan karakter kamu. Kalau sudah ada karakter yang bisa jadi base, tren tuh bisa dibalikin lagi ke karakter masing-masing," tambah Minyo.

Menanggapi Jharna dan Minyo, Ashilla juga menyampaikan hal serupa. Dia mengatakan bahwa karakter yang unik juga dapat membuat konten yang dibuat oleh kreator menjadi viral. Selain itu dengan demikian, karakter tersebut pun dapat menjadi ciri khas bagi seorang kreator agar mudah diingat oleh masyarakat.

"Bener sih. Si karakter ini yang harus dipakemin banget. Karena biar supaya orang gampang inget sama kita sih kalau menurut aku. Terus kalau buat aku, yang paling nangkap itu dari pilihan musik sih. Misalnya lagunya yang lagi viral, nah itu gampang dan lebih enjoy juga bikinnya," tutup Ashilla.

Baca juga: Cara para "beauty vlogger" tanggapi komentar negatif

Baca juga: Jharna Bhagwani akui sempat stres karena jumlah "followers"

Baca juga: Bintang TikTok, Jharna Bhagwani gandeng Eka Gustiwana rilis "Tell Me"

Pewarta: Lifia Mawaddah Putri
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022