Jakarta (ANTARA) - Cleveland Cavaliers dilaporkan telah mencapai kesepakatan untuk mendatangkan shooting guard bintang Donovan Mitchell dari Utah Jazz melalui skema barter.

Seturut laporan ESPN dan The Athletic pada Jumat WIB, Cavaliers harus "membayar" mahal dalam skema barter tersebut dengan mengirimkan tiga pemain ke Jazz yakni guard Collin Sexton, forward Lauri Markkanen, dan shooting guard Ochai Agbaji yang baru direkrut lewat NBA Draft 2022.

Selain itu Cavaliers juga mengirimkan tiga hak pilih putaran pertama Draft 2025, 2027, dan 2029, serta pertukaran hak pilih untuk Draft 2026 dan 2028.

Menyusul kesepakatan tersebut, Sexton yang musim ini memasuki status bebas kontrak dilaporkan juga sudah menandatangani kontrak empat tahun bernilai 72 juta dolar AS (sekira Rp1,07 triliun) untuk berseragam Jazz hingga musim 2026-27.

Kabar kesepakatan barter antara Cavaliers dan Jazz juga langsung direspon oleh Mitchell sendiri melalui akun Twitter pribadinya, @spidamitchell.

Mitchell merespon cuitan dua rekan barunya di Cavaliers yakni Darius Garland dan Ricky Rubio.

Baca juga: NBA akan tes Covid-19 pemain yang tidak divaksin sekali tiap pekan

Garland lebih dulu mencuit lewat akun Twitter pribadinya, @dariusgarland22, dengan unggahan tulisan 10 dan emoji laba-laba yang selama ini identik dengan julukan Mitchell. Mitchell mengutip cuitan tersebut dengan dua emoji tanda seru merah.

Sementara Rubio melalui akun Twitter pribadinya menuliskan "... Agaknya sekarang D.O.N Issue #4 akan punya edisi warna Cavs" merujuk pada sepatu signature Mitchell keluaran Adidas.
Kabar kesepakatan tersebut menyudahi saga teka teki masa depan Mitchell yang sudah dirumorkan berkeinginan pergi meninggalkan Jazz semenjak Quin Snyder memutuskan tak melanjutkan tugasnya sebagai pelatih kepala tim itu pada akhir musim lalu.

Mitchell sebelumnya sempat santer dikabarkan jadi incaran New York Knicks, tetapi negosiasi skema barter dengan Jazz tidak berjalan lancar.

Baca juga: Knicks finalisasi perpanjangan kontrak maksimum untuk RJ Barrett

Kedatangan Mitchell jelas menaikkan kualitas roster Cavaliers yang musim lalu mampu membukukan rekor menang kalah 44-38 untuk menempati urutan kedelapan klasemen akhir Wilayah Timur, meski upaya mereka menembus playoff pupus karena dua kekalahan di turnamen play-in.

Mitchell yang musim lalu membukukan rata-rata 29,5 poin per gim bakal menjadi kepingan penting Cavaliers bersama Garland, center Jarrett Allen, dan forward Evan Mobley. Dua nama pertama musim lalu sama-sama menembus tim All-Star NBA untuk pertama kalinya, sedangkan Mobley menjalani musim debut yang gemilang.

Bagi Jazz, kesepakatan ini menjadi langkah lanjut mereka dalam upaya membangun ulang tim setelah juga melepas Rudy Gobert ke Minnesota Timberwolves.

Baik Cavaliers maupun Jazz akan membuka musim 2022-23 pada 19 Oktober. Cavaliers bertandang ke markas Toronto Raptors, sedangkan Jazz menjamu Denver Nuggets.

Baca juga: LeBron James perpanjang kontrak dua tahun bersama Lakers
Baca juga: Kevin Durant melunak dan sepakat bertahan di Brooklyn Nets

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2022