Jakarta (ANTARA) - Liverpool pada Jumat dini hari WIB secara resmi mengumumkan mereka mendatangkan gelandang Juventus Arthur Melo dengan status pinjaman hingga akhir musim 2022-23.

Juventus dalam pengumuman terpisah menyatakan bahwa kesepakatan peminjaman Arthur disertai opsi bagi Liverpool untuk mempermanenkan gelandang asal Brazil itu dengan harga 37,5 juta euro yang bisa dibayarkan selama dua tahun apabila diaktivasi.

Langkah Liverpool merekrut Arthur sebelum penutupan jendela transfer musim panas 2022-23, jelas menjadi upaya mereka untuk menanggulangi krisis di sektor gelandang yang berlangsung sejak sesi pramusim.

Lini tengah Liverpool sudah kehilangan Alex Oxlade-Chamberlain yang cedera di sesi pramusim, disusul Naby Keita yang hingga kini belum merumput musim ini.

Lantas ketika melakoni pertandingan penanda musim baru kompetisi Inggris, Community Shield, melawan Manchester City, Liverpool harus kehilangan Thiago Alcantara dan Curtis Jones meski mereka memenangi trofi tersebut.

Situasi itu semakin diperparah dengan konfirmasi masalah hamstring yang dialami sang kapten Jordan Henderson ketika Liverpool mengalahkan Newcastle United 2-1 di Anfield pada Selasa (30/8) waktu setempat.

Baca juga: Liverpool semakin dekat untuk datangkan Arthur Melo dari Juventus

"Saya sangat senang berada di sini mengenakan seragam hebat dengan logo terkenal yang mewakili begitu banyak hal dalam sepak bola dunia, ini sungguh sebuah mimpi," kata Arthur dikutip dari situs resmi Liverpool.

"Kami cukup banyak berbicara, dan ide serta visi kami cukup cocok, jadi saya pikir ini keputusan tepat. Saya sangat senang dan termotivasi untuk melanjutkan mimpi saya di atas lapangan serta mengerahkan semua kemampuan dengan seragam Liverpool," ujarnya menambahkan.

Peminjaman Arthur dari Juve jadi langkah penutup Liverpool di bursa transfer musim panas ini, setelah mereka membeli gelandang serang Fabio Carvalho, penyerang Darwin Nunez, dan bek sayap Calvin Ramsay.

Pemain berusia 26 tahun itu musim ini belum merumput sama sekali untuk Juve, setelah dua tahun terakhir membukukan total 63 penampilan di berbagai kompetisi.

Arthur memulai kariernya di Gremio sebelum diboyong oleh Barcelona pada musim panas 2018, tapi ia kemudian jadi dikirim ke Juventus dalam transfer tukar tambah yang membuat Miralem Pjanic menyeberang ke arah berlawanan pada 2020.

Kepindahan ke Liverpool bisa menghidupkan kembali karier Arthur yang relatif stagnan, terlebih ia membutuhkan menit bermain demi berjuang menembus skuad tim nasional Brazil untuk putaran final Piala Dunia 2022 nanti.

Baca juga: Gol Fabio Carvalho angkat Liverpool ke posisi lima
Baca juga: Gol tunggal Jadon Sancho bantu MU raih tiga poin di kandang Leicester
Baca juga: Chelsea selangkah lagi dapatkan Aubameyang dari Barcelona

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2022