Jakarta (ANTARA) - Sekretaris Jenderal Federasi sepak bola Belanda (KNVB) Gijs de Jong menyatakan KNVB berniat menggelar 'Oranje Festival' di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, 25 November mendatang.

De Jong menyebut kekaguman KNVB kepada antusiasme suporter sepak bola Indonesia dalam mendukung timnas Belanda sebagai latar belakang menggelar acara ini.

"Kami pernah melihat video penggemar di Indonesia konvoi di jalan mengendarai motor skuter memakai atribut oranye setelah Tim Oranye memenangkan pertandingan. Selain itu, data juga menunjukkan ada lebih dari 12 juta oranjefans di Indonesia. Ini benar-benar luar biasa dan sesuatu yang ingin kami rangkul," kata De Jong dalam rilisnya di Jakarta, Jumat.

De Jong mengungkapkan KNVB menyelenggarakan banyak kegiatan untuk menciptakan pengalaman unik kepada penggemar Oranye dna tahun ini mereka menyelenggarakan 'Oranje Indonesia Festival' yang pertama diadakan untuk penggemar di Jakarta.

Festival ini akan dilangsungkan pada hari pertandingan kedua Oranje dalam Piala Dunia di Qatar melawan Ekuador pada 25 November di mana penggemar dapat menyaksikan bersama pertandingan ini secara langsung di area Stadion GBK.

Baca juga: Piala Dunia 2022 dan peran sentral gelandang tengah

Acara ini juga akan dimeriahkan oleh live music dengan musisi lokal, tarian tradisional, festival kuliner dan talk show bersama legenda timnas Belanda.

"Festival ini merupakan hadiah sekaligus bukti keseriusan kami dalam menjaga hubungan baik dengan fans di Indonesia. Kami sangat ingin menunjukkan apresiasi kami atas dukungan mereka selama ini dan berharap dukungan mereka sekali lagi pada Piala Dunia mendatang," kata De Jong.

Menurut dia, KNVB juga turut membuka perbincangan dengan calon mitra komersial, mitra media dan pemangku kepentingan lainnya, selain meluncurkan koleksi eksklusif Oranje Indonesia yang pada desainnya Singa (Belanda) dan Garuda (Indonesia) sama-sama ditampilkan setara.

"Dengan desain ini KNVB merangkul semua penggemar sepak bola Indonesia sebagai teman dan keluarga dalam mendukung tim nasional Belanda sebagai 'tim favorit kedua' dengan tetap menghormati Timnas Garuda," pungkas De Jong.

Baca juga: Tiket laga Piala Dunia tampilkan Lionel Messi jadi yang terlaris

Pewarta: Aldi Sultan
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2022