Ini bukan untuk pendapatan. Gedung ini dibangun untuk menjadi inkubasi UMKM dan 17 subsektor ekonomi kreatif
Malang, Jawa Timur (ANTARA) - Rampungnya pembangunan gedung Malang Creative Center (MCC) yang terletak di Jalan Ahmad Yani Utara, Kota Malang, Jawa Timur, akan dijadikan pusat inkubasi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan sektor ekonomi kreatif.

Wali Kota Malang Sutiaji di Kota Malang, Jumat mengatakan bahwa keberadaan MCC tersebut bukan bertujuan untuk mendapatkan keuntungan, akan tetapi dijadikan pusat inkubasi atau wadah bagi pelaku UMKM dan 17 subsektor ekonomi kreatif.

"Ini bukan untuk pendapatan. Gedung ini dibangun untuk menjadi inkubasi UMKM dan 17 subsektor ekonomi kreatif," kata Sutiaji.

Sejumlah subsektor ekonomi kreatif yang akan diberikan ruang pada MCC Kota Malang tersebut diantaranya adalah desain interior, desain produk, seni rupa, pengembangan permainan, seni kriya, musik, fesyen, kuliner dan lainnya.

Sutiaji menjelaskan, meskipun nantinya MCC Kota Malang akan dijadikan pusat inkubasi UMKM dan ekonomi kreatif, namun Pemerintah Kota Malang juga membuka ruang bagi pelaku usaha swasta untuk berusaha di gedung tersebut.

Ia menambahkan, porsi yang bisa dilakukan kerja sama dengan pihak swasta pada MCC Kota Malang, tidak lebih dari 20 persen dari total ruang yang tersedia. Sementara untuk kapasitas ruang lainnya, akan dimanfaatkan untuk ruang publik UMKM dan ekonomi kreatif.

"Tidak banyak yang akan dikerjasamakan, lebih banyak untuk ruang publik. Untuk yang bisa dikerjasamakan sekitar 20 persen saja," ujarnya.

Pihak swasta yang akan melakukan kerja sama untuk melakukan bisnis di gedung MCC Kota Malang tersebut, akan dilayani oleh Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Aneka Pangan. Adanya BUMD tersebut bertujuan agar keberadaan MCC untuk kepentingan masyarakat Kota Malang.

"Nanti untuk kerja sama antara swasta dengan BUMD tersebut. Orientasi kita bukan untuk profit, namun bagaimana pemberdayaan UMKM dan ekonomi kreatif," katanya.

MCC yang dibangun dengan biaya Rp98 miliar tersebut, merupakan salah satu wujud komitmen Pemerintah Kota Malang untuk mengembangkan sektor ekonomi kreatif yang dititikberatkan pada penyediaan infrastruktur, pengembangan ekosistem dan peningkatan pemasaran.

Baca juga: Tumbuhkan IKM inovatif, Kemenperin bangun inkubasi bisnis teknologi
Baca juga: UI dan Pertamina berkolaborasi dorong percepatan inkubasi bisnis
Baca juga: Kemenperin lanjutkan kembangkan inkubasi bisnis rintisan

 

Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2022