Saya berharap kerja sama ini dapat meningkatkan kapabilitas, kapasitas, ataupun kinerja intelektual mahasiswa Unhan.
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pertahanan (Menhan) Republik Indonesia Prabowo Subianto mengharapkan kerja sama pendidikan dan penelitian antara Universitas Pertahanan (Unhan) RI dan Rabdan Academy Uni Emirat Arab dapat meningkatkan kapabilitas serta kinerja intelektual mahasiswa Unhan.

"Saya berharap kerja sama ini dapat meningkatkan kapabilitas, kapasitas, ataupun kinerja intelektual mahasiswa Unhan RI," kata Prabowo, sebagaimana dikutip dalam siaran pers yang diterima di Jakarta.

Hal tersebut dia sampaikan dalam sambutannya saat menjadi inspektur upacara pembukaan pendidikan Universitas Pertahanan RI pada tahun ajaran 2022/2023 dan kenaikan pangkat kadet mahasiswa Unhan di Kampus Bela Negara Universitas Pertahanan, Bogor, Jawa Barat, Jumat.

Adapun mahasiswa Universitas Pertahanan yang dinyatakan lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru tahun ajaran 2022/2023 itu berjumlah 792 orang dari seluruh provinsi di Indonesia. Mereka terdiri atas 175 orang di Program Vokasi Diploma III (D-3), 300 orang di Program Sarjana (S-1), 293 orang di Program Magister (S-2), serta 24 orang di Program Doktoral (S-3).

Sebelum upacara digelar, Prabowo telah menyaksikan langsung penandatanganan nota kesepahaman mengenai kerja sama pendidikan dan penelitian antara Unhan RI dan Rabdan Academy yang dilakukan oleh Rektor Universitas Pertahanan RI Laksamana Madya TNI Amarulla Octavian dan Dekan Fakultas Ketahanan Rabdan Academy Dr. Faisal Ahmed AlKaabi.

Dalam kesempatan tersebut, dia menyampaikan terima kasih kepada Faisal Ahmed atas kesediaan Rabdan Academy menjalin kerja sama dengan Universitas Pertahanan RI.

Selain kerja sama pendidikan dan penelitian, Universitas Pertahanan dan Rabdan Academy juga menjalin kerja sama lainnya, seperti pengiriman kadet mahasiswa Unhan RI untuk mengikuti kuliah di Rabdan Academy selama satu semester.

Berikutnya, ada pula kerja sama pengembangan program akademik, kejuruan dan pelatihan bersama di bidang keamanan, pertahanan, serta manajemen krisis yang di dalamnya termasuk penyelenggaraan seminar bersama, konferensi, kursus pelatihan, ataupun lokakarya.

Baca juga: 300 mahasiswa Unhan selesai ikuti Diksarmil di Akmil Magelang
Baca juga: Rektor Unhan apresiasi buku "Suara Kebangsaan" karya Hasto Kristiyanto

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2022