BMKG sudah merilis prakiraan musim hujan terjadi di bulan September akhir, di Sulut musim hujan akan mulai pada awal Oktober
Manado (ANTARA) - Stasiun Klimatologi Sulawesi Utara Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika memperkirakan Provinsi Sulut memasuki musim hujan pada awal Oktober 2022.

"BMKG sudah merilis prakiraan musim hujan terjadi di bulan September akhir, di Sulut musim hujan akan mulai pada awal Oktober," sebut Koordinator Bidang Observasi dan Informasi Stasiun Klimatologi Sulut, Chandra Buana di Manado, Jumat.

Saat ini wilayah-wilayah yang mengalami musim kemarau yaitu wilayah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Kabupaten Bolaang Mongondow, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur dan sebagian Kabupaten Minahasa Tenggara.

Sementara di wilayah lainnya, seperti Kota Manado, Kabupaten Minahasa Utara, Kota Tomohon dan Kabupaten Minahasa Selatan pada monitoring terakhir masih mengalami hujan.

Baca juga: BMKG sebut gempa M 5,1 Sulut akibat deformasi lempeng Laut Maluku

Baca juga: BMKG pasang PDS ukur frekuensi natural dekat lokasi abrasi Amurang


"Secara keseluruhan di Sulut puncak kemarau di bulan September," katanya.

Dia mengatakan saat ini dinamika atmosfer menunjukkan La Nina melemah yang memungkinkan terjadi kemarau yang lebih basah sampai akhir musim kemarau.

Dimaksud kemarau basah karena biasanya pada periode musim kemarau masih mengalami hujan, katanya.

"Di periode musim kemarau ini harus diwaspadai hujan yang sifatnya sporadis dengan intensitas lebat," katanya.

Baca juga: Gempa M 5,8 guncang Sulawesi Utara

Baca juga: BMKG: 4 wilayah di Sulut berpotensi terdampak gelombang tinggi dan rob

Pewarta: Karel Alexander Polakitan
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022