Banda Aceh (ANTARA) - Realisasi dana desa di Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh, hingga saat ini telah mencapai 79 persen atau sebesar Rp328 miliar dari pagu anggaran tahun 2022 sebesar Rp415 miliar, kata Sekretaris Daerah (Sekda) Aceh Besar Sulaimi.

“Alhamdulillah, penyaluran dana desa di Aceh Besar telah memasuki tahap ketiga,” kata Sulaimi di Dekranasda Gampong Gani, Kecamatan Ingin Jaya, Jumat.

Baca juga: Bupati Aceh Tamiang ingatkan kades hati-hati kelola Dana Desa

Hal itu disampaikan Sulaimi di sela-sela workshop evaluasi pengelolaan keuangan dan pembangunan gampong yang digelar Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Provinsi Aceh.

Ia menjelaskan pagu dana desa tahun 2022 tersebut disalurkan untuk 604 gampong/desa yang tersebar di 23 kecamatan di Kabupaten Aceh Besar.

“Kita akan terus mempercepat penyaluran dana desa dan kita optimistis penyalurannya akan tuntas tepat waktu,” katanya.

Baca juga: Tak berpenduduk, tiga desa di Aceh tak cairkan dana desa

Pemkab Aceh Besar berharap kucuran dana gampong tersebut dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin guna mendukung kemajuan dan meningkatkan ekonomi serta kesejahteraan masyarakat.

Ia juga berharap melalui workshop Evaluasi Pengelolaan Keuangan dan Pembangunan Desa yang diikuti camat dan keuchik (kepala desa) dapat meningkatkan pengetahuan terhadap pengelolaan dana desa yang baik dan tepat sasaran.

Baca juga: Mendes tekankan penggunaan Dana Desa untuk pertumbuhan ekonomi dan SDM

Dalam kegiatan tersebut turut hadir sebagai narasumber di antaranya anggota Komite IV DPD RI H Sudirman, Kepala BPKP Perwakilan Aceh Supriyadi, Kepala Bidang Pembinaan Pelaksanaan Anggaran II Praptono Djunedi, dan Asisten Deputi Pemberdayaan Kawasan dan Mobilitas Spesial Mustikorini Indrijatiningrum.

Pewarta: M Ifdhal
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022