Kabupaten Toba (ANTARA) - Perusahaan induk investasi Capital A menjalin kolaborasi dengan Institut Teknologi Del di Sumatera Utara dalam rangka pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) bidang inovasi teknologi.​​​​

CEO Capital A (sebelumnya dikenal sebagai AirAsia Group) Tony Fernandes mengatakan bahwa pengembangan teknologi tidak hanya mengandalkan inovasi, namun juga bergantung pada kualitas SDM dan budaya masyarakat.

"Faktor kepemimpinan dan manajemen manusia merupakan kunci untuk menguasai teknologi dunia," kata Tony saat memberikan kuliah umum di Institut Teknologi Del di Kabupaten Toba, Sumatera Utara, Sabtu.

Tony mengatakan, Capital A menerapkan pengembangan talenta dan SDM dengan cara mendorong karyawannya untuk terus kreatif dan berani bermimpi besar.

Menurut dia, setiap orang berhak untuk mengembangkan talenta tanpa memandang status sosial di dalam masyarakat.

Lebih lanjut ia menyampaikan, perusahaannya juga terus mendorong peran perempuan untuk terlibat dalam posisi-posisi strategis, salah satunya Direktur Utama maskapai penerbangan Indonesia AirAsia yang dipimpin oleh seorang perempuan yaitu Veranita Yosephine Sinaga.

Tony menegaskan, Capital A mendukung IT Del melalui pelaksanaan kegiatan yang bersifat knowledge sharing berupa seminar, kuliah umum, workshop atau pelatihan di lingkungan IT Del atau Capital A.

Capital A juga akan memberikan bantuan beasiswa kepada mahasiswa IT Del, sekaligus memberikan kesempatan kepada mahasiswa dari IT Del untuk mengikuti program airasia academy.

Selanjutnya, Capital A memberikan kesempatan kepada perguruan tinggi IT Del untuk dapat mengirimkan mahasiswa yang ingin mengikuti program magang atau praktek kerja lapangan di perusahaan Capital A atau perusahaan yang terafiliasi.

Kemudian, pelaksanaan program rekrutmen melalui program campus recruitment dan job fair di perguruan tinggi yang dapat memberikan kesempatan kepada mahasiswa/alumni untuk berkarir di perusahaan dan perusahaan afiliasi Capital A.

"Indonesia adalah salah satu tujuan kami yang paling populer, dan paling penting kami sangat senang dapat memainkan peran kami untuk mempromosikan dan mendukung tujuan yang luar biasa ini," katanya.

Baca juga: Presiden apresiasi teknologi "5G Mining" Freeport ditangani SDM lokal

Baca juga: Menparekraf bidik 45.000 SDM pariwisata disertifikasi

Pewarta: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2022