AsiaNet 49277

TOKYO, 10 Mei (ANTARA/Kyodo JBN-AsiaNet) --

     Niwano Peace Foundation menyerahkan Hadiah Perdamaian Niwano ke-29 kepada Ibu Rosalina Tuyuc Velasquez dari Guatemala sebagai pengakuan atas karyanya yang luar biasa dan mantap untuk perdamaian sebagai aktivis dan pemimpin hak asasi manusia (HAM) yang berani.

     Ibu Tuyuc menerima sertifikat penghargaan, medali dan hadiah tunai senilai 20 juta yen pada upacara yang berlangsung di Tokyo.

     Ini merupakan pertama kalinya seorang praktisi tradisi agama asli (keyakinan dan praktik spiritual suku Maya) dianugerahi hadiah ini. Ibu Tuyuc tinggal dan bekerja di Guatemala, negara yang selama beberapa dekade telah menderita kekerasan dan konflik internal yang luar biasa. Pada tahun 1988, bersama dengan para perempuan lain, Ibu Tuyuc mendirikan Organisasi Koordinasi Nasional Janda-janda Guatemala (CONAVIGUA), yang sekarang menjadi organisasi HAM terkemuka Guatemala yang merintis bentuk baru perlawanan damai.

     Dalam memilih Ibu Tuyuc sebagai penerima hadiah untuk tahun 2012, Komite Hadiah Perdamaian mengatakan beliau adalah "contoh inspiratif tentang bagaimana para korban diskriminasi, berdasarkan keyakinan mereka, diberdayakan dengan bekerja sama untuk mengalahkan pelanggaran HAM dan membalikkan penyebab yang telah amat menyakiti mereka. "Komite ini juga memuji upaya beliau mengembangkan cara-cara yang konstruktif dan damai untuk membawa perdamaian dan keadilan bagi negaranya.

     Dalam pidato penerimaannya, Ibu Tuyuc mengatakan "akan bertanggung jawab untuk terus berkontribusi terhadap pengembangan budaya perdamaian, untuk menunjukkan lebih banyak energi yang menghargai kehidupan dan hak asasi manusia orang-orang yang ingin dihormati seperti yang kami lakukan."

     Hadiah Perdamaian Niwano
     Hadiah Perdamaian Niwano (Niwano Peace Prize) dikukuhkan pada tahun 1983 untuk menghormati dan mendorong individu dan organisasi yang telah berkontribusi besar terhadap pemahaman dan kerjasama antar agama, sehingga menciptakan perdamaian dunia. Untuk menghindari penekanan yang tidak semestinya pada agama atau wilayah tertentu, nominasi dikumpulkan dari sekitar 700 orang dan organisasi, yang mewakili 125 negara.

     Niwano Peace Foundation
     Yayasan Perdamaian Niwano (Niwano Peace Foundation) berdiri pada tahun 1978 untuk memberi kontribusi terhadap terwujudnya perdamaian dunia dan peningkatan budaya perdamaian. Yayasan ini mempromosikan penelitian dan aktivitas lain berlandaskan semangat keagamaan, serta mengupayakan perdamaian di berbagai bidang seperti pendidikan, ilmu pengetahuan, agama dan filsafat.

     Sumber: Niwano Peace Foundation

     Kontak:
     Bapak Tadashi Takatani
     Niwano Peace Foundation
     Tel: +81-3-3226-4371
     Fax: +81-3-3226-1835
     E-mail: peaceprize@npf.or.jp
     URL: http://www.npf.or.jp/english/index.html

Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2012