Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Pengurus Pusat Federasi Panjat Tebing Indonesia (PP FPTI) Yenny Wahid memastikan Piala Dunia Panjat Tebing 2022 atau ISFC World Cup Jakarta 2022 bakal bergulir di Lot 16-17 SCBD, Jakarta pada 24-26 September.

Kepastian ini sekaligus mengubah rencana awal yakni di Kemayoran. Yenny belum secara rinci menjelaskan alasan perubahan lokasi tersebut.

"Rencana kami akan undang teman-teman media untuk sosialisasi dalam waktu dekat. Panjang ceritanya, nanti atur waktu pekan ini," kata Yenny kepada wartawan melalui pesan WhatsApp, Senin.

Piala Dunia Panjat Tebing 2022 di Jakarta bakal melombakan dua nomor yakni speed dan lead. Dengan kata lain, tidak ada nomor boulder.

Indonesia memiliki atlet andalan di nomor speed yakni Kiromal Katibin yang saat ini memegang rekor dunia dengan 5,009 detik yang diciptakan pada babak kualifikasi Piala Dunia Federasi Olahraga Panjat Tebing Internasional (IFSC) 2022 di Chamonix, Prancis, 8 Juli lalu.

Baca juga: Pemanjat tebing Kiromal Katibin untuk kali kelima pertajam rekor dunia
Baca juga: Panjat tebing Indonesia bertekad sumbang emas di Paris 2024

Selain itu ada juga nama Veddriq Leonardo, Aspar Jaelalo, Zaenal Aripin, Alfian Muhammad Fajri, dan lainnya.

Sementara untuk nomor lead, Indonesia memiliki Musauwir, Moch. Ferza Fernanda Abdi, M. Ramzi Firmansyah, dan M. Rizki Syahraflis.

Panjat tebing adalah satu di antara cabang olahraga unggulan Indonesia yang diharapkan bisa bersinar di pentas internasional, termasuk Olimpiade.

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2022