Jakarta (ANTARA) - Kebakaran hutan di California Selatan yang menewaskan dua orang dan melukai satu orang lainnya telah berkobar di lahan seluas lebih dari 971 hektare dalam waktu 24 jam sejak Selasa (6/9) pagi, demikian disampaikan otoritas setempat.

Kebakaran Fairview dimulai pada Senin (5/9) sore waktu setempat di dekat kota Hemet di Riverside County di tengah gelombang panas ekstrem yang melanda California Selatan selama beberapa hari.

Hanya 5 persen api yang berhasil dipadamkan hingga saat ini dan perintah evakuasi serta peringatan masih diberlakukan, menurut Departemen Pemadam Kebakaran Riverside County.

Departemen tersebut mengatakan sedikitnya 7 bangunan telah hancur dan beberapa lainnya rusak. Para pejabat memperkirakan bahwa ribuan bangunan di daerah itu masih terancam oleh kebakaran tersebut.

Kedua korban kebakaran itu tampaknya berupaya melarikan diri sebelum akhirnya tumbang oleh kobaran api, kata para pejabat dalam jumpa pers pada Selasa pagi.

Akibat kobaran api itu, semua sekolah di Hemet Unified School District akan ditutup pada Selasa. Sejumlah pejabat distrik sekolah mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa keputusan itu "tidak dibuat dengan mudah."

Setelah mempertimbangkan saran dari otoritas setempat dan perintah evakuasi, dampak transportasi, tingkat pengendalian kebakaran saat ini, dan kemungkinan pemadaman listrik dengan suhu tinggi yang telah diantisipasi, mereka merasa bahwa penutupan sekolah pada Selasa diperlukan untuk memastikan keselamatan para siswa, staf, dan keluarga.

Pewarta: Xinhua
Editor: Joko Susilo
Copyright © ANTARA 2022