Kami sudah konfirmasi, Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin akan hadir pada penyambutan peserta Festival Sandeq di Kota Balikpapan
Mamuju, Sulbar (ANTARA) - Wakil Presiden Republik Indonesia KH Ma'ruf Amin dijadwalkan akan menyambut peserta Festival Sandeq di Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur, kata Penjabat Gubernur Sulawesi Barat (Sulbar) Akmal Malik.

"Kami sudah konfirmasi, Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin akan hadir pada penyambutan peserta Festival Sandeq di Kota Balikpapan," katanya di Mamuju, Rabu.

Saat penyambutan itu, kata Akmal Malik, akan dilakukan seserahan oleh lima provinsi mewakili Pulau Jawa, Papua, Sulawesi, Kalimantan dan Pulau Sumatera kepada Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin.

"Kami juga melaksanakan prosesi tari karya seni budaya, sekaligus juga penyerahan simbol dukungan kepada Presiden sebagai simbol 34 provinsi di Indonesia mendukung percepatan pembangunan IKN," katanya.

Ia mengatakan bahwa sebanyak 34 perahu sandeq yang sudah berada di Pulau Salissingan Kabupaten Mamuju, Rabu (7/9) ini akan melanjutkan perjalanan menuju Pantai Manggar, Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur.

Awalnya, lanjutnya, ada 35 perahu sandeq beserta perahu "pattonda" atau perahu pendamping berangkat dari etape Tanjung Silopo pada 31 Agustus 2022.

Namun saat transit dari Mamuju ke Pulau Ambo, kata dia, para peserta menghadapi badai yang menyebabkan satu perahu rusak dan tidak bisa melanjutkan etape berikutnya.

"Akibat badai yang cukup besar sehingga satu perahu rusak parah sehingga tidak bisa melanjutkan etape berikutnya. Sedangkan 34 perahu sandeq lainnya lanjut ke Pulau Salissingan kemudian akan melanjutkan perjalanan ke Pantai Manggar Kota Balikpapan," katanya.

Dijadwalkan, ke-34 peserta Festival Sandeq tersebut akan tiba di Pantai Manggar Kota Balikpapan, pada Rabu siang.

Saat tiba di Pantai Manggar Kota Balikpapan, akan dilakukan proses seserahan oleh Penjabat Gubernur Sulbar bersama enam bupati se-Sulbar kepada Wali Kota Balikpapan dan Gubernur Kaltim, demikian Akmal Malik.

Baca juga: Sulbar matangkan pelaksanaan festival perahu tradisional Sandeq

Baca juga: Festival Perahu Sandeq Sulbar singgahi dua pulau di Selat Makassar

Baca juga: Mendagri: Sandeq harus jadi inspirasi hadapi persoalan bangsa

Pewarta: Amirullah
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022